Minggu, 20 Juli 2014

Home » Metrotvnews.com Syndication: Akses Keluar Tol Veteran Batal Ditutup

,
Metrotvnews.com Syndication
Indonesian News Video Portal 
Roll with Us

Need high ROI advertising? See why over 15,000 brands choose AdRoll for retargeting.
From our sponsors
Akses Keluar Tol Veteran Batal Ditutup
Jul 20th 2014, 06:16

Iqbal Musyaffa - 20 Juli 2014 13:16 wib
Jalan tol Veteran--Antara Maha Eka Swasta

Jalan tol Veteran--Antara Maha Eka Swasta

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jasa Marga Tbk membatalkan rencana melakukan penutupan akses keluar Veteran pada ruas tol radial Pondok Aren-Ulujami. Pembatalan tersebut atas dasar permintaan dari masyarakat.

"Atas permintaan masyarakat dan hasil konsultasi dengan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PU, akses keluar Veteran batal ditutup," ujar Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Tbk David Wijayatno dalam siaran pers yang diterima Minggu, (20/7).

Sebelumnya, David menyampaikan sistem operasi Jakarta Outer Ring Road (JORR) adalah terbuka dengan tarif merata sehingga jauh dekat sama. "Semula dengan beroperasinya JORR keseluruhan ini yang direncanakan Senin 21 Juli 2014, akses keluar Veteran akan ditutup," katanya.

Hal itu , lanjut David, karena pengguna lalu lintas ada yang hanya  menggunakan JORR dengan jarak sangat pendek sekitar 800 meter, tetapi harus membayar sama yaitu Rp8.500. Pengoperasian JORR secara keseluruhan itu sendiri dilakukan karena pekerjaan ruas JORR W2 utara sudah selesai 100 persen atau lebih awal dari target Oktober 2014.

David juga menjelaskan bahwa sistem operasi jaringan jalan tol JORR dan radialnya (Pondok Aren-Ulujami) menggunakan sistem terintegrasi. Oleh karena itu, untuk alu lintas dari arah Serpong yang  akan menggunakan JORR akan bertransaksi di gerbang tol Pondok Ranji membayar tarif Serpong Pondok Aren sebesar Rp5.000, Pondok Aren-Ulujami Rp2.500 dan JORR Rp8.500, sehingga total pengemudi harus membayar Rp16.000.

Dia juga mengakui, akses keluar Bintaro Viaduct yang ada sekarang itu sifatnya sementara dan memang akan ditutup setelah JORR selesai keseluruhan. "Dengan beroperasinya JORR W2 utara atau Kebon Jeruk-Ulujami, maka akses keluar Bintaro Viaduct ini ditutup. Pengguna jalan yang akan ke Bintaro dan biasanya menggunakan akses ini disarankan keluar gerbang tol Pondok Aren," ucap dia.

Sebelumnya, Jasa Marga merilis bahwa pembangunan jalan tol dengan nilai investasi mencapai Rp2,2 triliun ini, akan dioperasikan sebelum Lebaran, setelah tahap dua sudah selesai 100%. Tahap I mulai dari Kebon Jeruk  sampai dengan Ciledug sepanjang 5,6 kilo meter (km) sudah beroperasi sejak tanggal 27 Desember 2013. Sedangkan Tahap II adalah sisanya sepanjang 2 km dari Ciledug ke Ulujami. Jalan Tol JORR W2 Utara ini merupakan satu-satunya ruas JORR yang sampai saat ini belum terselesaikan.

Ruas ini merupakan penghubung yang terputus (missing link) dari jalan tol JORR secara keseluruhan. "Apabila Ruas W2 Utara ini dapat diselesaikan, maka ruas JORR ini akan membentang dari Rorotan  sampai dengan ke Penjaringan (Tol Bandara)," tuturnya.

Jalan tol yang dibangun sejak 1990-an ini memiliki panjang total sekitar 63 km. Dari seluruh ruas tersebut, Jasa Marga sudah mengoperasikan sekitar 50 km.

Pemegang konsesi JORR W2 adalah PT Marga Lingkar Jakarta dengan pemegang saham 65 persen oleh PT Jasa Marga Tbk dan 35 persen oleh PT Jakarta Marga Jaya, anak usaha PT Jakarta Propertindo (BUMD DKI Jakarta).

(Wid)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions