Senin, 28 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Investor Lebih Suka Tax Allowance Ketimbang Tax Holiday

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Did Your Annuity Earn 8%?

46% of American's Die Broke. Don't become a statistic! Make your money work smarter, get your FREE Retirement Kit Today! Click Here Now. Get returns up to 8%!
From our sponsors
Investor Lebih Suka Tax Allowance Ketimbang Tax Holiday
Jul 28th 2014, 10:27, by Septian Deny

Direktorat Jenderal Pajak Wilayah Banten akan giat menarik pajak dari properti untuk mencapai target penerimaan pajak sekitar Rp 27 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu syarat yang diajukan perusahaan untuk berinvestasi di Indonesia yaitu adanya pembebasan pajak seperti tax holiday dan tax allowance. Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan dari kedua pembebasan pajak tersebut, ternyata tax allowance lebih banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan yang menanamkan investasinya di Indonesia.

Hal ini terlihat di mana hingga saat ini baru 3 perusahaan yang mendapatkan tax holiday, sedangkan yang mendapat tax allowance sudah mencapai 78 perusahaan.

"Kalau sudah 78 perusahaan yang ambil, berarti tax allowance lebih menarik. Tax holiday kenapa baru tiga?" ujarnya disela-sela Open House Idul Idul Fitri di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Senin (28/7/2014).

Menurut Chatib, alasan tax allowance ini lebih banyak diminati oleh perusahaan karena proses yang lebih sederhana jika dibandingkan proses untuk mendapatkan tax holiday.

"Tax allowance hanya melalui BKPM ke Ditjen Pajak, jadi tidak perlu ke saya. Sedangkan tax holiday, dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ke komite verifikasi, kemudian ke BKF ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kemudian konsultasi ke presiden. Presiden setuju baru balik ke saya, jadi itu yang mau kita lihat apakah proses itu terlalu panjang," jelasnya.

Untuk menindaklanjuti hal ini, Chatib mengaku tengah me-review kebijakan tax holiday agar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan.

"Nanti di-review apakah tidak menarik, bagaimana caranya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Tergantung review-nya. Jangan-jangan persoalannya bukan pada rate tetapi pada prosedur, sehingga yang manfaatkan sedikit," tandasnya. (Dny/Gdn)

(Arthur Gideon)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions