Rabu, 16 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Libur Lebaran Jadi Ajang Warga RI Jalan-jalan ke Luar Negeri

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
Libur Lebaran Jadi Ajang Warga RI Jalan-jalan ke Luar Negeri
Jul 16th 2014, 00:03, by Septian Deny

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang saat Idul Fitri banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berlibur ke luar negeri. Hal ini membuat beberapa rute penerbangan luar negeri sudah ludes terjual dari jauh jauh hari.

Wakil Sekjen Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket (Astindo) Pauline Suharno mengatakan, tiket pesawat untuk keberangkatan internasional ini rata-rata telah habis terjual pada akhir pekan sebelum hari raya Idul Fitri. Sedangkan penerbangan kembali sudah penuh pada awal Agustus.

"Ke luar negeri rata-rata semua rute penuh. Untuk penerbangan ke luar negeri penuhnya itu pada 24 Juli-25 Juli 2014. Sedangkan 28 Juli dan seterusnya itu masih kosong. Dan untuk arus pulangnya itu menumpuk pada tanggal 1 Agustus-3 Agustus 2014," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Dia menjelaskan, negara-negara yang banyak diminati pada libur lebaran nanti antara lain Singapura, Hongkong, Bangkok, Australia dan Jepang. "Mereka kebanyakan memang memanfaatkan waktu liburannya pada saat libur lebaran," lanjutnya.

Pauline mengakui terjadi kenaikan harga tiket untuk periode liburan, namun kenaikan tersebut bukan ditentukan oleh agen perjalanan, melainkan oleh masing-masing maskapai.

"Itu tidak ditentukan oleh agen perjalanan tapi langsung oleh maskapai. Biasanya untuk domestik memakai tarif batas atas, tapi kalau internasional tidak ada tarif batas atas atau bawah. Tetapi maskapai menentukan high season surcharge, masing-masing maskapai berbeda," katanya.

Selain itu, pada saat periode  liburan, maskapai hanya menyediakan kursi penumpang untuk kelas atas, sedangkan kelas bawahnya tidak disediakan.

"Saat musim liburan biasanya juga mereka (maskapai) hanya menyediakan kelas yang lebih mahal, untuk yang kelas murahnya tidak dibuka. Tiap tahunnya memang seperti itu," tandasnya. (Dny/Ndw)

(Nurseffi Dwi Wahyuni)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
liburan.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions