Kamis, 17 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: 13.800 Unit Kondominium Sewa Bakal Padati Jakarta Tahun Ini

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Great rates not enough?

OptionsHouse is a cutting-edge platform with award-winning technology. Even with our professional tools, you'll still pay great rates.
From our sponsors
13.800 Unit Kondominium Sewa Bakal Padati Jakarta Tahun Ini
Jul 17th 2014, 00:00, by Siska Amelie F Deil

Liputan6.com, Jakarta - Pasar properti Indonesia khususnya di Jakarta tercatat masih menarik dan menguntungkan. Terbukti, sepanjang 2014, sekitar 13.800 unit kondominium sewa dipastikan akan memadati Ibu Kota.

Hingga kuartal II-2014, jumlah kondominium yang telah berdiri di Jakarta tercatat berjumlah 50.458 unit. Jumlah tersebut dicapai setelah mengalami peningkatan sebesar 0,9 persen dalam enam bulan pertama 2014.

"Proyek-proyek kondominium sewa yang selesai pada kuartal ini adalah Skylounge Tamansari, Skyline Apartment dan Puri Park Residence," ungkap Head of Research & Advisory PT Cushman & Wakefield, Arief Rahardjo di Jakarta seperti ditulis Kamis, (17/7/2014).

Tak berhenti sampai di situ, sebanyak 13.800 unik kondominium sewa baru juga akan rampung dibangun hingga akhir tahun ini. Selain kondominium, jumlah apartemen sewa juga mengalami peningkatan tipis sebesar 0,8 persen dibandingkan kuartal I-2013.

Sementara itu, tidak ada penambahan apartemen sewa dan servis sepanjang kuartal II. Meski demikian, masuknya sejumlah ekspatriat perusahaan asing berhasil menambah tingkat huni apartemen sewa di Jakarta sebanyak 1,1 persen menjadi 65,2 persen.

Sejauh ini, Arief menilai pelemahan rupiah juga berdampak pada harga apartemen dan kondominium sewa. Terjadi penurunan harga kondominum sewa sebesar 3,5 persen dibandingkan kuartal I menjadi US$ 18,4 atau sekitar Rp 215 ribu per meter persegi.

Dalam kurun waktu yang sama, harga sewa apartemen servis juga mengalami penurunan sebesar 1,1 persen ke harga US$ 28,7 per meter persegi, dan apartemen khusus sewa melemah 0,1 persen menjadi US$ 18 per meter persegi.

Sekadar informasi, kondominium dan apartemen tidak memiliki perbedaan yang mencolok selain pada bentuk kepemilikannya. Keduanya sama-sama merupakan bangunan hunian vertikal. Bedanya, apartemen dibeli untuk menjadi milik dan dihuni pribadi. Sementara kondominium dibeli untuk kemudian disewakan pada pihak lain. (Sis/Ahm)

(Agustina Melani)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions