Jumat, 18 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Krisis Gaza dan Kecelakaan Pesawat MH17 Bikin Bursa Asia Merah

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Did Your Annuity Earn 8%?

46% of American's Die Broke. Don't become a statistic! Make your money work smarter, get your FREE Retirement Kit Today! Click Here Now. Get returns up to 8%!
From our sponsors
Krisis Gaza dan Kecelakaan Pesawat MH17 Bikin Bursa Asia Merah
Jul 18th 2014, 01:46, by Siska Amelie F Deil

Liputan6.com, Tokyo - Bursa Asia tercatat bergerak melemah seiring dengan konflik yang semakin memanas menyusul pengiriman sejumlah bala tentara ke jalur Gaza. Pelemahan tersebut juga ikut didorong aksi jual para investor setelah pesawat Malaysia Airlines berisi ratusan penumpang diduga ditembak di dekat perbatasan Ukraina-Rusia.

Mengutip laman Bloomberg, Jumat (18/7/2014), indeks MSCI Asia Pasifik melemah 0,5 persen pada pukul 9:52 waktu Tokyo, untuk pertama kalinya pekan ini. Sementara indeks saham Jepang, Topix juga tercatat mengalami koreksi sebesar 1 persen.

Sementara indeks saham Korea Selatan, Kospi melemah 0,6 persen disusul indeks saham Selandia Baru NZX 50 sebesar 0,4 persen. Saham-saham di bursa Selandia Baru tercatat merosot 3,5 persen ke level terendah sejak Maret.

Lebih spesifik, saham Malaysian Airlines System tercatat melemah sekitar 11 persen di pre-market disusul pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Pesawat jenis Boeing Co. 777 yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur tertembak dan jatuh di atas medan perang Ukraina-Rusia. Pemerintah Ukraina mengklaim para pemberontak yang pro-Rusia menembak jatuh pesawat milik Malaysian Airlines tersebut.

Akibatnya, sekitar 298 orang meninggal di tempat. Sementara kelompok separatis membantah tunduhan tersebut dan menuding tentara Ukraina sebagai pelakunya mengingat pesawat tengah melintas di daerahnya.

Selain itu, penyerangan brutal yang terjadi di jalur Gaza kini telah memasuki hari ke-10. Konflik tersebut bahkan kini masuk ke tahap baru di mana Israel mengirim sejumlah tentara dan tank untuk masuk ke jalur Gaza melalui jalur darat.

"Terdapat peningkatan risiko geopolitik yang luar biasa. Ketidakpastian di pasar semakin parah untuk dipahami pergerakannya. Para pelaku pasar akan sangat berhati-hati," ungkap pakar strategi investasi di Russell Investment Group Douglas Gordon. (Sis/Ahm)

(Agustina Melani)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions