Jumat, 01 Agustus 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Bunga Kredit Bank Terus Melambung

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Bunga Kredit Bank Terus Melambung
Aug 1st 2014, 08:39, by Arthur Gideon

Liputan6.com, Jakarta - Rata-rata suku bunga kredit pada industri perbankan nasional terus mengalami kenaikan sepanjang tahun ini. Kenaikan tersebut karena terjadi kenaikan biaya dana akibat kenaikan suku bunga acuan.

Berdasarkan Statistik perbankan Indonesia yang dipublikasikan BI, jika dikategorikan berdasarkan jenis penggunakan, suku bunga rata-rata untuk kredit modal kerja perbankan di Indonesia naik 118 basis poin menjadi 12,65 persen di pada Mei 2014 dari 11,47 persen pada Mei 2013.

Suku bunga rata-rata untuk kredit investasi juga mengalami kenaikan sebesar 101 basis poin. Pada Mei 2013, suku bunga rata-rata kredit investasi tercatat di level 11,17 persen, sedangkan pada Mei 2014 naik menjadi 12,18 persen.

Untuk suku bunga rata-rata kredit konsumsi pun juga tak jauh berbeda. tetapi memang kenaikannya tak sebesar kredit investasi dan modal kerja. kenaikan suku bunga rata-rata kredit konsumsi tercatat hanya 6 basis poin.

Pada Mei 2014, suku bunga rata-rata kredit konsumsi industri perbankan di Indonesia tercatat sebesar 12,26 persen, sedangkan setahun sebelumnya tercatat berada di level 13,20 persen.

Untuk diketahui, salah satu penyebab kenaikan suku bunga kredit industri perbankan nasional karena kenaikan biaya dana yang disebabkan karena kenaikan suku bunga acuan BI. Di tahun lalu BI menaikan suku bunga acuan beberapa kali sehingga jika di total kenaikannya mencapai 170 basis poin dari sebelumnya di level 5,75 persen menjadi 7,50 persen. (Gdn)

(Arthur Gideon)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions