Minggu, 29 Juni 2014

Home » Tempo.co News Site: Rupiah Diprediksi Masih Melemah Hingga Kuartal III

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Shop Tervis tumblers.

Create a one of a kind personalized gift. It's fun and easy to design!
From our sponsors
Rupiah Diprediksi Masih Melemah Hingga Kuartal III
Jun 28th 2014, 20:44

Rupiah Diprediksi Masih Melemah Hingga Kuartal III

Seorang teller menghitung uang di salah satu bank swasta, di Jakarta, Senin (23/11). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antar bank di Jakarta menguat 30 poin atau 0,32 persen ke level 9.475. TEMPO/Imam Sukamto

Berita Terkait

TEMPO.CO , Jakarta- Ekonom dari Universitas Indonesia, Lana Soelistianingsih, mengatakan untuk menjaga nilai tukar rupiah agar tak terus terpuruk, pemerintah harus ikut membantu dengan memastikan stabilitas politik dan keamanan. Pemerintah, kata dia, harus memastikan tidak akan ada kerusuhan dalam pemilihan presiden mendatang.

"Ya, meskipun sementara, ternyata isu politik cukup berpengaruh," kata Lana saat dihubungi Tempo, Sabtu, 28 Juni 2014.

Namun, Lana memprediksi, meski pemerintah mampu menjaga pemilihan presiden dengan kondusif, rupiah masih akan tetap lemah hingga kuartal III 2014. "Kebutuhan terhadap dolar AS masih akan tinggi untuk membayar utang luar negeri," kata dia.

Dalam situs Bank Indonesia disebutkan nilai tukar rupiah terus melemah. Pada 25 Juni 2014, nilai sebesar 12.027 per dolar AS. Lalu pada 26 Juni 2014 mnejadi 12.091, dan pada hari Jumat lalu kembali melorot menjadi 12.103 per dolar AS.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Peter Jacobs, mengatakan Bank Indonesia melihat fluktuasi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih berjalan aman. "Pergerakan rupiah masih smooth," kata Peter di Gedung Bank Indonesia, Kamis, 26 Juni 2014. (Baca juga: Redenominasi Rupiah Dinilai Tak Bisa Digelar 2014).

Ia mengatakan pergerakan rupiah yang melemah atau sebaliknya menguat terlalu drastis lebih mengkhawatirkan bagi BI. Peter berujar, saat kondisi menggerakkan nilai rupiah naik dan turun terlalu drastis, intervensi BI pasti akan dilakukan.

Menurut dia, intervensi BI atas kondisi rupiah akan dilakukan dalam situasi-situasi tertentu. Ia mengatakan, jika alasan fundamental menjadi latar pergerakan rupiah yang terlalu cepat, intervensi juga mungkin untuk dilakukan.

TRI ARTINING PUTRI | MAYA NAWANGWULAN

Berita utama:
Tunggu Kampanye Jokowi, Kader PDIP Madiun Adu Jotos
Banyak Salaman, Tangan Jokowi Terluka

Kampanye Rusuh, Pendukung Jokowi Teriak Provokator

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions