Senin, 30 Juni 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: GCG Road Map, Agar Emiten Lebih Terkelola Baik

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
GCG Road Map, Agar Emiten Lebih Terkelola Baik
Jun 30th 2014, 00:52

Logo BEI. (Foto: Okezone)Logo BEI. (Foto: Okezone) Emiten atau perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) wajib mengelola perusahaannya dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG). Hal ini sejalan dengan tuntutan untuk melakukan transparansi informasi sebagai perusahaan yang dimiliki publik. GCG berisi panduan pengelolaan perusahaan yang baik yang dilakukan oleh seluruh perusahaan di dunia.

Namun, meskipun sudah ada kewajiban untuk melaksanakan GCG, secara rata-rata, skor GCG emiten di Indonesia masih lebih rendah dibanding skor GCG emiten atau perusahaan publik di sejumlah negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Oleh karena itu, pada awal tahun ini, otoritas pasar modal Indonesia, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan peta arah tata kelola perusahaan Indonesia atau GCG dalam kurun dua tahun mendatang.       

Peluncuran GCG Road Map ini sekaligus dilakukan untuk menghadapi berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015. Tujuan peluncuran peta GCG adalah agar perusahaan publik di Indonesia dapat sejajar dengan perusahaan-perusahaan di kawasan ASEAN. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan regulasi sebagai dasar hukumnya. Maka dari itu, OJK telah mempersiapkan 33 aturan pelaksanaan yang wajib diikuti oleh perusahaan publik dan emiten.

Aturan yang akan dibuat OJK akan diluncurkan secara bertahap. Seluruh aturan tersebut terbagi atas enam tema besar. Keenam tema itu adalah kerangka kerja tata kelola perusahaan, hak-hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap para pemegang saham, peran para pemangku kepentingan dalam tata kelola perusahaan, pengungkapan dan transparansi, serta peran dan tanggung jawab dewan komisaris dan direksi.

Keberadaan GCG roadmap ini diharapkan dapat memperbaiki praktik dan regulasi tata kelola yang baik bagi perusahaan di Indonesia secara komprehensif, terutama untuk emiten dan perusahaan publik, agar bisa sejajar dengan tata kelola perusahaan di kawasan ASEAN, sehingga emiten-emiten di Indonesia siap menghadapi MEA di tahun 2015.

Selama ini, Indonesia memiliki peringkat paling rendah di antara negara-negara ASEAN dalam pencapaian CG Scorecard. ASEAN CG Scorecard merupakan inisiatif dari ASEAN Capital Market Forum (ACMF) yang beranggotakan regulator pasar modal di negara ASEAN. Di Indonesia, CG Scorecard untuk setiap emiten secara berkala dibuat oleh IICD (Indonesia Institute for Corporate Directorship).
 
Dengan peluncuran peta tata kelola perusahaan ini, diharapkan investor lebih nyaman dalam berinvestasi di perusahaan yang menerapkan GCG secara baik. Pengelolaan GCG yang baik yang menjadi penilaian selama ini di antaranya adalah hak-hak dari pemegang saham, peran pemangku kepentingan, keterbukaan informasi, transparansi laporan keuangan, dan tanggung jawab dewan direksi dan komisaris.
(//mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions