Minggu, 29 Juni 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Mau Beli Rumah? Simak Dulu Tips Berikut

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
The Best Way to Manage your Money.

Start using Mint today to set a budget, track your goals and do more with your money.
From our sponsors
Mau Beli Rumah? Simak Dulu Tips Berikut
Jun 28th 2014, 23:31, by Achmad Dwi Afriyadi

Liputan6.com, Jakarta - Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Rumah adalah tempat berteduh  dan membina sebuah keluarga.

Untuk itu, memiliki rumah sendiri merupakan impian bagi setiap orang. Namun terkadang, dana yang kita miliki terbatas sementara harga rumah terus melangit.

Tak hanya masalah dana, lokasi dan lingkungan perumahan juga menjadi faktor pertimbangan seseorang dalam memilih rumah yang akan dibelinya. Bahkan, ada orang yang menghabiskan bertahun-tahun, pergi ke sana kemari hanya untuk tipe hunian yang pas untuk mereka.

Dilansir dari Lifehack.com, Minggu (29/6/2014) terdapat 11  hal penting yang mesti diperhatikan dalam memilih rumah yaitu:

1. Pahami Keuangan

Sebelum  membeli rumah, pastikan Anda tahu persis bagaimana kondisi keuangan Anda. Jika membelinya secara mencicil, pastikan Anda memiliki uang muka yang cukup dan gaji bulanan yang memadai untuk membayar kredit rumah.

2. Teliti Lingkungan

Anda bisa mencari tahu keadaan lingkungan yang tepat tentang hunian  melalui situs-situs pemerintah, lembaga pariwisata, forum komunitas maupun blog. Dengan pencarian ini anda bisa tahu keadaan lingkungan rumah yang anda impikan.


3. Lakukan Uji Coba

Untuk menghindari kejutan yang tidak diinginkan, sebaiknya anda melakukan pengecekan terhadap lingkungan rumah tersebut. Pengecekan itu seperti menghitung waktu Anda berkendara dari rumah ke kantor pada jam-jam sibuk.


4. Teliti

Pastikan agen perumahan memberikan segala sesuatu yang anda butuhkan. Anda juga harus berhati-hati dalam melihat penawaran dan hati-hati menandatangani surat dalam bentuk apapun.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui tentang riwayat rumah yang akan beli.

5. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Penting bagi anda untuk menjadwalkan pemeriksaan sebelum membeli rumah. Anda perlu tahu secara keseluruhan rumah, dan jika ada yang rusak Anda bisa tahu biaya yang akan dikeluarkan. Anda bisa meminta penjual membayar sebagian atau keseluruhan untuk setiap perbaikan.

(Nurseffi Dwi Wahyuni)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
rumah.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions