Minggu, 16 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Jelang kenaikan BBM, harga sembako di DIY stabil

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Jelang kenaikan BBM, harga sembako di DIY stabil
Jun 16th 2013, 10:38

Jelang kenaikan BBM, harga sembako di DIY stabil

Kuntadi

Minggu,  16 Juni 2013  −  17:38 WIB

Jelang kenaikan BBM, harga sembako di DIY stabil

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di DI Yogyakarta (DIY) masih terpantau normal. Tidak ada kenaikan signifikan atas komoditas yang ada. Justru harga komoditas tertentu cenderung turun meski fluktuatif.

"Semuanya masih normal, fluktuatif harga juga biasa," jelas Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop dan UKM DIY, Eko Witoyo, Minggu (16/6/2013).

Menurutnya, untuk komoditas beras masih wajar di kisaran Rp7.700 sampai Rp8.100 per kilogram (kg). Gula pasir juga stabil dikisaran Rp11.500, Tepung terigu Rp7 ribu per kg. Harga bawang merah dan putih yang sempat melejit justru mengalami penurunan.

Berdasarkan pantauan di lapangan hari ini, harga bawang putih turun di kisaran Rp15 ribu per kg. Untuk harga telur ayam juga tidak banyak berubah di kisaran Rp18 ribu per kg, daging sapi Rp94 ribu per kg, dan cabai merah dikisaran Rp28 ribu sampai Rp30 ribu.

Menurut dia, mahalanya harga cabai lebih diakibatkan atas kondisi iklim. "Sepertinya isu dan rencana kenaikan BBM tidak banyak berpengaruh pada kondisi barang," tuturnya.

Disperindag dan UKM, ujarnya, juga telah melakukan koordinasi dengan distributor untuk memastikan jaminanan stok dan pasokan. Hasilnya, hampir semua barang dan stok aman sampai lebaran.

Sementara, terkait dengan harga, kata dia, distributor akan mengikuti harga kenaikan BBM. Kenaikan harga BBM pasti akan diikuti kenaikan harga antara 2-3 persen. Itu merupakan konsekuensi logis dari membengkaknya biaya transportasi.

Namun, jika kenaikan BBM juga diikuti dengan kenaikan harga spare part, itu yang belum bisa diperhitungkan. "Kita diundang Kementrian Perdagangan pada 19 Juni nanti, untuk mengevaluasi semua harga," ujar dia.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions