Kamis, 27 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Harga sayur dan sembako kembali naik

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Harga sayur dan sembako kembali naik
Jun 27th 2013, 02:37

Jelang Ramadhan

Harga sayur dan sembako kembali naik

Septyantoro Aji Nugroho

Kamis,  27 Juni 2013  −  09:37 WIB

Harga sayur dan sembako kembali naik

Ilustrasi

Sindonews.com - Setelah harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi harga sayur mayur dan sembako di sejumlah pasar tradisional Solo, Jawa Tengah naik, kini harga kembali naik menjelang Ramadhan.

Di pasar tradisional Kota Solo,  Pasar Legi dan Pasar Gede yang menjadi sentra sembako dan sayur mayur mengalami kenaikan dari hari ke hari. Di pasar Legi misalnya,  harga cabai keriting Rp23 ribu per kilo gram (kg), cabai besar Rp18 ribu.

"Cabai sret Rp17 ribu dan cabai rawit putih Rp12 ribu per kg," kata salah satu pedagang cabai, Miyarsih, Kamis (27/6/2013).

Sementara pedagang di Pasar Legi lainnya, Ridwan mengatakan bahwa kenaikan juga terjadi pada komoditas lain, seperti telur setelah kenaikan BBM. Menurut dia, hal itu sangat memberatkan penjual karena  pembeli jadi sepi.

Untuk telur ayam ras dihargai Rp17 ribu per kg, telur bebek  Rp14 ribu-Rp16 ribu per kg dan telur ayam kampung dari sebelumnya Rp13 ribu menjadi Rp14 ribu per kg.

"Sementara untuk bahan pokok beras di pasar ini mengalami kenaikan Rp200 untuk semua jenis dari beras super sampai biasa," ujarnya.

Kenaikan serupa terjadi di Pasar Gede. Berdasarkan pantauan di lapangan, harga cabai besar merah di pasar ini dibanderol Rp25 ribu per kg dari sebelumnya Rp15 ribu, cabai hijau dari Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu per kg. 
 
sementara untuk komuditas telur di pasar ini berkisar antara Rp17 ribu per kg dari sebelumnya Rp13 ribu per kg.

Para pedagang ini berharap agar pemerintah segera melakukan operasi pasar karena harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan cenderung semakin mahal.

(rna)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions