Rabu, 26 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Ebay Indonesia digugat ebay internasional

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Ebay Indonesia digugat ebay internasional
Jun 26th 2013, 10:40

Ebay Indonesia digugat ebay internasional

Helmi Syarif

Rabu,  26 Juni 2013  −  17:40 WIB

Ebay Indonesia digugat ebay internasional

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Ebay Inc, perusahaan terkemuka di dunia yang membawahi belanja online, termasuk www.ebay.com, mengajukan gugatan hukum atas pendaftaran nama domain ebay.co.id.

Ebay Inc menggugat tiga pihak terkait kasus tersebut, yaitu CV Ebay Indonesia, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, CQ Telkom Divisi Multimedia.

Menurut kuasa hukum Ebay Inc, Iman Sjaahputra, gugatan dilayangkan ketika pihaknya selaku penggugat bermaksud mendaftarkan nama ebay.co.id sesuai dengan merek global yang dimiliki penggugat. "Namun ternyata nama ebay.co.id untuk wilayah Indonesia telah didaftarkan oleh tergugat," katanya.

Dia menuturkan, 'ebay' telah diciptakan, digunakan dan didaftarkan oleh penggugat sebagai nama merek ataupun nama domain di berbagai belahan negara di dunia. Sehingga, pemilihan dan pendaftaran kata 'ebay' pada nama ebay.co.id yang digunakan tergugat dapat dipastikan dilakukan untuk meniru dan mendompleng merek 'ebay' yang sudah mendunia.

Iman menambahkan, pihaknya telah mengirimkan somasi pada 28 Maret 2012 dan 10 April 2013. Mereka juga telah melakukan pertemuan dan mediasi dengan pihak tergugat. Namun, tidak menemukan titik temu. "Tidak ketemu kata sepakat karena tergugat mengajukan nilai kompensasi yang sangat tidak masuk akal," tegasnya.

Iman menuturkan, pihaknya sempat melakukan penawaran yang diajukan pihak tergugat karena pertimbangan untuk menyelesaikan masalah secara cepat, hemat biaya, bukan karena merasa tidak punya posisi hukum yang kuat. Atas dasar itu pihaknya kemudian mendaftarkan kasus tersebut ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2013) nomor 299/PDT.G/2013/PN.JKT.PST.

"Kami meyakini, bahwa kami adalah pihak yang paling berhak menggunakan nama 'ebay' di seluruh dunia, termasuk di Indonesia," tandasnya.

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions