Rabu, 19 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: PNM Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
PNM Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun
Jun 18th 2013, 23:04

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga keuangan nonbank milik negara, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), melakukan penawaran umum obligasi II PNM tahun 2013 sebesar Rp1 triliun. Obligasi ini memiliki jangka waktu selama lima tahun.

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja mengatakan penerbitan obligasi untuk memperkuat permodalan dalam rangka mendukung rencana ekspansi bisnis perseroan ke depan. Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum obligasi setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk modal kerja sebesar 60% bagi penyaluran pada usaha mikro dan kecil melalui produk perseroan bernama UlaMM. Sisanya akan digunakan untuk pelunasan dan pembayaran sebagian utang bank di Bank Muamalat Indonesia, Bank HSBC, Bank Permata, Bank Jabar Banten, Bank Mutiara, Bank DKI, dan Bank BNI.

Dalam rangka penerbitan obligasi, PNM memeroleh hasil pemeringkatan obligasi dengan rating idA (single A) dari Pefindo. Peringkat ini mencerminkan dukungan yang kuat dari pemerintah RI, kondisi likuiditas, dan fleksibilitas finansial yang baik dan permodalan yang relatif kuat.

Menurut Parman, penerbitan obligasi merupakan langkah strategis perseroan untuk memperkuat permodalan dalam bisnis pembiayaan mikro. Apalagi, potensi dan prospek sektor usaha mikro kecil (UMK) di Indonesia masih sangat menjanjikan. "Dengan prospek dan potensi UMK yang besar, kami sangat optimistis obligasi ini akan diminati investor dan diserap pasar," katanya di Jakarta, Selasa (18/6).

Apalagi, beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan positif untuk berinvestasi pada obligasi ini ialah masih terbukanya peluang pasar pembiayaan mikro. "Ada peluang pasar yang belum terlayani dan daerah remote area di daerah yang belum jenuh dengan pembiayaan dari lembaga keuangan sektor perbankan dan prospek usaha perseroan yang baik," tuturnya.

Selain itu, tren kinerja pendapatan dan laba setelah pajak terus meningkat sejak 2008 seiring tumbuhnya volume bisnis pembiayaan mikro melalui ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) berkat kemampuan perseroan menjaga margin profitabilitas yang sehat. Pada penawaran tersebut, PNM menggandeng PT Bahana Securities sebagai penjamin pelaksana emisi. Rencananya, perseroan akan melakukan masa penawaran awal (bookbuilding) pada 18-26 Juni 2013 dan masa penawaran pada 2-4 Juli 2013. Pencatatan obligasi akan dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada 10 Juli 2013.

Hingga kini, PNM memiliki jaringan bisnis pembiayaan mikro dengan total 704 kantor pelayanan yang menjangkau sekitar 2.759 kecamatan di 27 provinsi seluruh Indonesia. (Wibowo)


Editor: Wisnu AS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions