Kamis, 20 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Mendag akan panggil para pengusaha pangan

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Mendag akan panggil para pengusaha pangan
Jun 20th 2013, 14:10

Stabilkan harga pangan

Mendag akan panggil para pengusaha pangan

Rico Afrido

Kamis,  20 Juni 2013  −  21:10 WIB

Mendag akan panggil para pengusaha pangan

Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan/Foto: Ist

Sindonews.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengaku akan mengawasi harga-harga kebutuhan pokok menjelang dan saat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Bahkan pihaknya berencana memanggil seluruh pengusaha untuk mencegah spekulasi harga.

"Kita akah mengawasi pengusaha-pengusaha. Besok saya akan panggil seluruh pengusaha agar tidak berspekulasi di pasar untuk memanfaatkan momentum atau momen kemungkinan kapan dinaikkan harga BBM ini. Dan tentunya aktivitas penimbunan akan kita sanksi," ujarnya di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Sanksi yang dimaksud Gita berupa teguran hingga pencabutan izin usaha jika dinilai sudah melewati batas wajar. "Sanksi tegasnya kalau mereka importir, kita cabut izinnya. Kalau mereka agak di luar batas wajar. Tapi Insya'Allah tidak ada seperti itu," ungkapnya.

Gita mencontohkan harga daging, dari laporan harga yang diterimanya, berbeda dengan harga saat dirinya memantau langsung di lapangan. Karenanya, pihaknya akan berusaha menstabilkan harga daging selama bulan Ramadan.

"Seperti kemarin dilaporkan harga daging dari berapa ke berapa, padahal ini kan harga daging memang sudah tinggi, Rp90.000-95.000. Di Batam Rp60.000 saya baru dari Batam, di Jateng dan Jatim Rp70.000-80.000. Nah, mudah-mudahan dengan peningkatan pasokan ini mulai menurun. Kita targetnya adalah menurunkan harga ke harga rata-rata tahun lalu yaitu Rp76.000 per kg," harapnya.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions