Senin, 17 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Waspadai Perusahaan Asuransi Bermasalah

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Waspadai Perusahaan Asuransi Bermasalah
Jun 17th 2013, 11:27

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah perusahaan asuransi yang masuk dalam daftar pengawasan khusus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertambah. Persoalan rasio kecukupan modal (risk base capital) menjadi penyebab utamanya.

"Ada asuransi kerugian akan ditindak," Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani, dalam konferensi pers di gedung OJK, Jakarta, Senin (17/6).

Lembaga supervisi itu sebelumnya menyebutkan tengah memeriksa 3 perusahaan asuransi dalam status pengawasan khusus. Ketiga perusahaan keuangan itu memiliki RBC negatif. Padahal sesuai aturan, perusahaan asuransi kategori sehat harus memiliki RBC sebesar 120%.

Adapun ketiga perusahaan itu antara lain, PT Asuransi Jiwa Nusantara yang telah dicabut izin usahanya (12/6), PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya yang masih dalam proses pengawasan. Perusahaan ketiga diduga adalah PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) yang mengalami kasus gagal bayar saat terjadi krisis ekonomi global pada 2008 lalu dengan total kerugian Rp360 miliar.

"Kita akan periksa lagi, bila satu perusahaan pemiliknya yang harus menyerahkan izin, harus sampaikan tidak ada kewajiban lagi," tegas Firdaus.

Dia mengungkapkan, menegaskan akan memutuskan nasib kelangsungan usaha PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya dalam 1-2 bulan mendatang. Lembaga supervisi itu tengah melakukan pengawasan intensif. "Kami (OJK) akan putuskan PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya dalam 1-2 bulan mendatang," sebut

OJK, kata Firdaus, telah melakukan pembekuan kegiatan usaha. Bumi Asih dilarang untuk menerbitkan ataupun memasarkan polis kepada nasabah baru.

Di samping itu, OJK juga memberikan kesempatan kepada pemilik untuk mengundang investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan permodalan. (Daniel Wesly Rudolf)


Editor: Tjahyo Utomo

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions