Rabu, 19 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Pemerintah Lancarkan Distribusi Kebutuhan Pokok

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Pemerintah Lancarkan Distribusi Kebutuhan Pokok
Jun 19th 2013, 16:20

Metrotvnews.com, Jakarta: Upaya menjamin ketersediaan pasokan kebutuhan pokok menyambut Ramadan dan Lebaran, pemerintah siap memperlancar arus distribusi barang.

Hal itu dikemukakan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Rabu (19/6). "Salah satu bottleneck ada di penyebrangan. Kita memutuskan untuk memperlancar distribusi," ujarnya.

Ia menjelaskan, selama ini distribusi barang kerap tersendat karena terjadi penumpukan pada barang pada waktu tertentu. PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) telah berkomitmen akan menyampaikan informasi kepada pelaku usaha waktu-waktu penyebrangan yang tepat, untuk menghindari penumpukan beban.

"Ada jam-jam tertentu yang bebannya masih belum berat, biasanya pagi. Nanti akan disampaikan waktunya yang bebanya belum berat. Juga pelabuhan mana yang bisa digunakan untuk orang dan sepeda motor, agar tidak menumpuk maka bebannya dipecah," paparnya.

Beberapa barang akan mendapat prioritas dan didukung kelancaran distribusinya. Sejumlah komoditi yang masuk dalam daftar yakni bahan bakar minyak (BBM), bahan bakar gas (BBG), ternak, beras, gula, terigu, minyak goreng, cabai merah, bawang merah, kacang merah, daging sapi, dagig ayam dan telur, sayur-mayur, air mineral, pupuk, susu murni dan barang antaran pos.

"Barang itu akan dikecualikan saat kita mulai mengendalikan kendaraan atau truk yang lewat. Kelancaran distribusi ini bukan hanya untuk di darat, tetapi juga untuk angkutan antar pulau, kapal feri dan penyebrangan, maupun bongkar muat di pelabuhan. Itu akan didahulukan," tukasnya. (Nurulia Juwita Sari)


Editor: Agus Tri Wibowo

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions