Senin, 03 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Mei Deflasi, Pemerintah Waspadai Inflasi di Juni

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Mei Deflasi, Pemerintah Waspadai Inflasi di Juni
Jun 3rd 2013, 09:21

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah waspadai lonjakan kenaikan harga barang atau inflasi di bulan depan. Sebab, laju inflasi diperkirakan akan didorong oleh tiga faktor yakni tahun ajaran baru, lebaran, dan kenaikan harga BBM.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. Dia mengatakan bahwa deflasi sebesar 0,03% pada Mei 2013 telah sesuai ekspektasi.

"Bulan depan ada potensi inflasi akan tinggi oleh tiga hal. Pertama potensi karena ajaran baru, spending banyak. Kedua menjelang bulan puasa, biasanya konsumsi meningkat. Ketiga kenaikan harga BBM," ujar Hatta di gedung DPR, Jakarta, Senin (3/6/2013).

Akan tetapi, lanjut Hatta, laju inflasi itu dapat dikendalikan dengan suplai yang cukup.

"Kita mendapat laporan bawang merah kita akan cukup produksinya menjelang bulan juni ini. Jadi saya kok tidak begitu khawatir inflasi di bulan juni akan terlalu melonjak Karena kuncinya terletak kepada suplai kita. Kalau yang lalu, itu kebijakan yang agak keliru, soal bawang putih yang memicu demikian besar inflasi," tandas Hatta.

Ia memproyeksikan inflasi hingga akhir tahun capai di atas 7% jika terealisasi kenaikan harga BBM. (Daniel Wesly Rudolf)


Editor: Asnawi Khaddaf

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions