Sabtu, 01 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Kadin: Kekuatan Ekonomi Daerah Harus Dimaksimalkan

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Kadin: Kekuatan Ekonomi Daerah Harus Dimaksimalkan
May 31st 2013, 18:08

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meyakini jika kekuatan ekonomi daerah di Indonesia masih belum dimaksimalkan oleh pemerintah.

Padahal, Kadin optimistis bahwa perekonomian di daerah bisa menjadi kekuatan utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P Roeslani, di Jakarta, Jumat (31/5).

Rosan mengatakan bahwa kontribusi perekonomian daerah tidak bisa dipandang sebelah mata dalam perannya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dikatakan, jika pemerintah berani memaksimalkan perekonomian  daerah, diyakini hal tersebut bisa menjadi senjata andalan Indonesia untuk mengatasi gejolak krisis global yang hingga kini diperkirakan masih belum membaik.

"Ekonomi daerah yang umumnya berbasis ekonomi kerakyatan adalah ekonomi mandiri, yang bahan baku industrinya dari dalam negeri dan mengandalkan pembiayaan usahanya pada modal sendiri atau modal perbankan dalam negeri. Sehingga tidak akan terpengaruh terhadap modal luar," jelasnya.

Lebih lanjut, Kadin juga menyoroti potensi besar dari Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di daerah. Karena, UKM juga memiliki kemampuan besar dalam menyerap tenaga kerja, sehingga sangat berperan untuk mengentaskan masalah pengangguran dan kemiskinan.

Namun, berbagai persoalan dasar masih terus terjadi di daerah. Diantaranya adalah UKM yang selalu tersendat dalam masalah permodalan. Akses yang terbatas terhadap bank, serta administrasi yang rumit dalam mengembangkan usaha sering menjadi kendala mengembangkan usaha.

Rosan merekomendasikan kepada para pelaku usaha untuk mengakses permodalan melalui non perbankan untuk mengembangkan usaha.

"Perbankan itu high regulated, namun sebenarnya ada alternatif bagi para pengusaha daerah untuk memanfaatkan non perbankan," tutupnya.


Editor: Asnawi Khaddaf

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions