Jumat, 21 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: China-Taiwan kembali sepakati perdagangan bebas

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
China-Taiwan kembali sepakati perdagangan bebas
Jun 21st 2013, 11:43

Bidang industri layanan

China-Taiwan kembali sepakati perdagangan bebas

Dani Mohammad Dahwilani

Jum'at,  21 Juni 2013  −  18:43 WIB

China-Taiwan kembali sepakati perdagangan bebas

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - China dan Taiwan kembali menandatangani perjanjian perdagangan bebas di bidang pelayanan. Hal tersebut merupakan rangkaian dari perjanjian ekonomi yang dilatarbelakangi upaya meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Dilansir dari AFP, Jumat (21/6/2013), hubungan China daratan dan Taiwan telah meningkat secara signifikan sejak partai Kuomintang yang bersahabat dengan China mengambil alih kekuasaan pada 2008.

Kantor berita resmi China, Xinhua mengatakan, berdasarkan perjanjian baru, daratan akan membuka 80 dari sektor jasa untuk perusahaan Taiwan. Sementara Straits Exchange Foundation (SEF) menyebutkan, Taiwan pada gilirannya akan memungkinkan investasi untuk China di 64 sektor jasa.

Kedua belah pihak mengungkapkan, sektor yang dibahas meliputi telekomunikasi, konstruksi, distribusi, perlindungan lingkungan, kesehatan, pariwisata, hiburan, budaya, olahraga, transportasi dan keuangan. Namun, mereka tidak memberikan rincian secara detail.

Pakta ini merupakan bagian tindak lanjut dari Kerangka Perjanjian Kerja Sama Ekonomi yang ditandatangani pada 2010, untuk mengurangi hambatan perdagangan antara China dan Taiwan.

Namun, pihak oposisi Partai Progresif Demokratik Taiwan (DPP) mengkritik perjanjian terakhir, dengan menyebutkan akan menyakiti perusahaan jasa Taiwan yang lebih kecil.

Sekitar 50 orang yang mewakili industri penerbitan Taiwan protes di Taipei hari ini. Mereka mendesak Presiden Ma Ying-jeou menolak perjanjian.

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions