Kamis, 20 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Transaksi Saham Harian Capai Rp6,9 Triliun

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Transaksi Saham Harian Capai Rp6,9 Triliun
Jun 20th 2013, 01:25

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan saat ini rata-rata nilai transaksi saham harian di bursa mencapai Rp6,9 triliun atau melampaui target 2013 sebesar Rp5,6 triliun karena dukungan likuiditas domestik yang positif.

Direktur Utama BEI Ito Warsito di Jakarta, Rabu (19/6), mengatakan meningkatnya rata-rata nilai transaksi saham harian itu menandakan aktivitas perdagangan di pasar modal Indonesia dalam kondisi positif. "Bahkan indeks sempat menyentuh posisi tertinggi 5.214 meskipun akhir-akhir ini IHSG BEI mengalami penurunan. Namun, secara alamiah pergerakan indeks masih normal," ujarnya.

Ia meyakini industri pasar modal Indonesia masih direspons positif oleh investor. Apalagi ekonomi domestik juga masih mencatatkan pertumbuhan. "Pelaku asing juga masih mencatatkan net buy di pasar saham hingga saat ini," kata dia.

Ito mengungkapkan keputusan Bank Indonesia (BI) yang menaikkan bunga acuan (BI rate) menjadi salah satu langkah antisipatif dalam mendorong ekonomi domestik di tengah kondisi global yang cenderung melambat. "Tentunya kami mengapresiasi BI yang telah meningkatkan BI rate. Itu merupakan salah satu langkah antisipatif. Tapi, pelaku pasar modal juga sedang menunggu keputusan harga baru BBM oleh pemerintah. Ini juga telah lama menjadi perhatian investor asing," ucapnya.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota BEI Samsul Hidayat menambahkan untuk meningkatkan likuiditas di pasar modal agar lebih baik salah satunya dengan menerapkan penurunan saham dalam satuan lot. "Secara teknikal, kebijakan itu akan mendorong transaksi meningkat," kata dia.

Namun, lanjut dia, kebijakan tentang perubahan itu bukanlah hal yang langsung dapat dilaksanakan. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan BEI. "Ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu waktu, harga, dan besaran atau volume. Kami juga sudah melakukan kebijakan memajukan atau mempercepat jam pembukaan perdagangan bursa," ujar Samsul. (Ant)


Editor: Wisnu AS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions