Rabu, 19 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Politikus Gerindra: 50% Dana Pengaman BLSM Masuk Kantong Parpol

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Politikus Gerindra: 50% Dana Pengaman BLSM Masuk Kantong Parpol
Jun 18th 2013, 18:02

Metrotvnews.com, Jakarta: Dana pengamanan atau safeguarding dari Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp360 miliar berpotensi diselewengkan. Dana yang seharusnya digunakan untuk sosialisasi kompensasi penaikan BBM itu diperkirakan akan diselewengkan sedikitnya Rp180 miliar.

"Dana safeguarding, sedikitnya 50% akan masuk ke kantong partai pendukung penaikan BBM," ujar anggota DPR dari Partai Gerindra Arif Pouyono di Jakarta, Selasa (18/6).

Dalam APBNP 2013, dana safeguarding seharusnya dipakai untuk imbal jasa pengiriman, pencetakan dan biaya kirim lembar, dan pengamanan distribusi kartu dan bantuan. Nilai totalnya mencapai Rp360,1 miliar.

Arif memperkirakan, biaya sosialisasi BLSM sebenarnya hanya menghabiskan sebesar 50% dari dana yang dianggarkan. Oleh karena itu, dirinya mengherankan penetapan anggaran sebesar itu untuk biaya sosialisasi. "Ya, sisanya masuk ke partai politik untuk digunakan sebagai dana kampanye," tegas Arif.

Sosialisasi BLSM juga dapat dijadikan kampanye terselubung oleh partai penguasa. Arif mengungkapkan, dana pengamanan ini sebenarnya disediakan pemerintah setiap kali penaikan harga BBM.

Namun, belum pernah dilakukan audit pemanfaatan dana tersebut. "Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan lembaga pemeriksa harus audit pemanfaatannya dana pengamanan ini," tegas Arif.

Dia juga mengimbau, seluruh pihak untuk memantau penyaluran BLSM. Sebab dana kompensasi yang besar itu juga sarat penyelewengan. (Daniel Wesly Rudolf)


Editor: Henri Salomo Siagian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions