Selasa, 18 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Fahmi Idris: Pemasaran Kendala Utama IKM

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Fahmi Idris: Pemasaran Kendala Utama IKM
Jun 18th 2013, 13:51

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris menilai pemasaran masih menjadi kendala terbesar bagi para pengusaha Industri Kecil Menengah (IKM).

"Pemasaran itu biayanya tinggi sekali bisa mencapai 40 persen, sehingga banyak pengusaha yang tidak mampu memasarkan produk-produknya," kata Fahmi usai pembukaan "Sumatra Barat Food & Craft VI" di Plasa Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (18/6).

Fahmi mengusulkan pemerintah daerah membuat semacam pusat pemasaran yang dibiayai dari APBD. "Segala jenis produk, makanan, kerajinan dari seluruh daerah bisa dipasarkan seperti China Emporium," katanya.

Menurut dia, pemasaran memiliki peran stategis dalam pertumbuhan dan kemajuan suatu industri. "Semua harus digenjot, kalau kita bisa produksi dengan murah dan kualitas baik, tetapi pemasarannya kurang sama saja bohong. Produksi juga harus bagus, tetapi pemasaran saat ini lebih penting," katanya.

Menurut dia, salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk, yakni dengan mengikuti pameran. "Pemerintah seharusnya membiayai pengusaha kecil dari daerah yang ingin mengikuti pameran di Jakarta, baik dari biaya transportasi maupun akomodasi," katanya.

Fahmi juga mengimbau agar gedung-gedung pemerintahan yang tidak terpakai bisa digunakan untuk pameran. "Daripada kosong melompong, lebih baik dimanfaatkan untuk pameran," katanya.

Terkait pajak yang dikenakan untuk IKM, Fahmi berpendapat pemberlakuannya harus hati-hati dan cermat. "Jangan sampai membunuh pertumbuhan IKM. Harus jelas wajarkah produk ini digunakan, dasarnya apa, perkembangan produknya bagaimana," katanya.

Menurut dia, pajak tersebut diberlakukan apabila produk sudah cukup unggul di pasaran. "Kalau sudah terseok dengan barang impor, kemudian dikenakan pajak akan susah," katanya. (Antara)


Editor: Agus Tri Wibowo

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions