Sabtu, 06 April 2013

Home » 60.000 Ton Bawang Merah Siap Banjiri Pasar Bulan depan - Gatra

,

.Jakarta, GATRAnews- Dalam rangka menstabilkan harga bawang merah, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah siap menggelontorkan 60 ribu ton bawang merah impor ke pasar."Banyak pasokan untuk bawang merah dalam beberapa bulan ke depan, sekitar 60 ribu ton," ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan usai Rapat Koordinasi Stabilisasi Harga Pangan di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (5/4).  

Gita juga mengungkapkan, hari ini sebanyak 90 kontainer bawang merah atau sekitar 2500 ton bawang merah telah tiba dan siap untuk dipasarkan. "Hari ini tiba 90 kontainer lebih dan dalam beberapa bulan ini akan datang 2000 kontainer," imbuhnya. Pasokan bawang merah ini diyakini Gita akan mampu menurunkan kembali harga bawang merah pada tingkat yang wajar.

"Dengan kedatangan pasokan itu tidak ada alasan bawang merah untuk tidak turun lagi," tegas dia. Mantan Kepala BKPM ini memperkirakan, harga bawang merah bisa turun hingga Rp 10 ribu per kg bila sejumlah pasokan bawang merah impor tersebut telah masuk ke pasaran. "Itu sangat cukup untuk menurunkan harga. Dari 40 ribu ke 10-15 ribu," simpul Gita.

Seperti diketahui, harga bawang merah pada bulan lalu melonjak hingga Rp 50 ribu per kg. Lonjakan harga ini terutama terjadi akibat penurunan produksi bawang merah pada musim hujan dan ketiadaan stok. (*/MS)

Berita Lainnya :

http://www.gatra.com/ekonomi-1/27654-60-000-ton-bawang-merah-siap-banjiri-pasar-bulan-depan.html