Kamis, 13 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Akhirnya, BI Rate dinaikkan jadi 6,00%

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Akhirnya, BI Rate dinaikkan jadi 6,00%
Jun 13th 2013, 06:20

Akhirnya, BI Rate dinaikkan jadi 6,00%

Ameidyo Daud

Kamis,  13 Juni 2013  −  13:20 WIB

Akhirnya, BI Rate dinaikkan jadi 6,00%

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menaikkan BI Rate sebesar 25 bps menjadi 6,00 persen, dengan suku bunga Deposit Facility dan suku bunga Lending Facility masing-masing tetap sebesar 4,25 persen dan 6,75 persen.

"Kebijakan tersebut merupakan bagian dari bauran kebijakan Bank Indonesia untuk secara pre-emptive merespons meningkatnya ekspektasi inflasi serta memelihara kestabilan makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan di tengah ketidakpastian di pasar keuangan global," ujar Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Peter Jacobs di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Dia menjelaskan, BI tetap melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai kondisi fundamentalnya dan terus menjaga kecukupan likuiditas di pasar valas domestik. Selain itu, BI akan melanjutkan penguatan operasi moneter melalui pengayaan instrumen moneter dan pendalaman pasar uang rupiah dan valas.

"Disamping itu, penguatan kebijakan makroprudensial juga dipersiapkan untuk mencegah meningkatnya risiko yang berlebihan di sektor-sektor tertentu. Koordinasi bersama Pemerintah juga terus diperkuat dengan fokus pada upaya meminimalkan potensi tekanan inflasi serta memelihara stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," jelasnya.

Sebelumnya, BI mempertahankan BI Rate pada level 5,75 persen selama 15 bulan. Tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 4,5 persen ± 1 persen.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions