Sabtu, 01 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Neraca Perdagangan Diperkirakan mulai Surplus

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Neraca Perdagangan Diperkirakan mulai Surplus
May 31st 2013, 18:08

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan memproyeksikan neraca perdagangan yang diperkirakan akhirnya akan berbalik menjadi surplus tipis.

Sebelumnya, pada Januari-Maret 2013 neraca perdagangan Indonesia masih defisit US$67,5 juta.

"Data ekspor masih menurun meskipun neraca perdagangan secara umum mungkin akan membukukan sedikit surplus karena penurunan impor yang lebih tajam," ungkap Anton dalam pesan elektronik yang diterima Media Indonesia, Jumat (31/5).

Belum ada perbaikan harga pada komoditas ekspor utama Indonesia. Namun, tekanan impor minyak berkurang karena harga minyak dunia terus turun.

Kebijakan harga BBM, kata Anton, nantinya akan membawa impor minyak sedikit lebih berkurang lagi. Jika ditambah proyeksi turunnya impor barang modal dan barang konsumsi, maka tekanan impor akan terus mengecil.

Namun, tantangan ekspor juga masih cukup berat. Anton melihat dampak larangan ekspor salak dan manggis ke China bisa berdampak pada angka ekspor hortikultura mulai Mei.

"Ada potensi dampak penurunan ekspor juga dari China mengingat mereka tengah membahas pembatasan impor batu bara kualitas rendah," tutup Anton. (Gayatri)


Editor: Asnawi Khaddaf

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions