Jumat, 16 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: SBY bagi-bagi resep tahan krisis ekonomi ke negara lain

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Make fitness a way of life

Sign up at a 24 Hour Fitness near you for a 7 day free trial. Join a class and find a community!
From our sponsors
SBY bagi-bagi resep tahan krisis ekonomi ke negara lain
Aug 16th 2013, 03:27

SBY bagi-bagi resep tahan krisis ekonomi ke negara lain

Ameidyo Daud

Jum'at,  16 Agustus 2013  −  10:27 WIB

SBY bagi-bagi resep tahan krisis ekonomi ke negara lain

Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono

Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku sering diminta resep bagaimana menghadapi krisis ekonomi oleh negara-negara lain di berbagai forum seperti APEC dan G20.

Karena itu, dia memberikan beberapa tips bagaimana bertahan bangkit dan bertahan dari krisis seperti krisis 1998-1999 dan krisis dari Subprime Mortgage AS 2008-2009.

"Di sejumlah forum seperti APEC maupun G20 saya sering mendapat pertanyaan resep tahan krisis ekonomi seperti 2008-2009," ujarnya di gedung MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Menurut SBY, yang paling utama adalah mengelola ekonomi Indonesia dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan agar ekspansi dapat secara terukur. "Padahal dua hal ini sering dipertentangkan di banyak negara," imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, pembangunan Indonesia memang ditopang dukungan banyak pihak seperti menjaga dunia usaha, politik, hukum, dan keamanan (polhukam). Kemudian, menjaga fiskal berupa meningkatkan penerimaan negara dan meningkatkan belanja terbukti ampuh dalam mencegah defisit 3 persen.

Langkah berikutnya, kata Presiden adalah berani melakukan penyesuaian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Sehingga anggaran dapat lebih bermanfaat untuk masyarakat luas.

"Anggaran dapat digunakan untuk bangun infrastruktur dasar, transportasi umum, dan memberikan jaminan sosial masyarakat," jelasnya.

Langkah yang juga dirasa penting menurut SBY adalah mendukung kebijakan Keep Buying Strategy untuk meningkatkan keterjangkauan konsumsi masyarakat. "Kebijakan ini mampu tingkatkan pasar dalam Negeri," katanya.

Terakhir adalah melakukan langkah besar dengan sebuah program berskala masif yaitu Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur dan konektifitas.

"Hasilnya sudah terlihat dengan banyaknya proyek infrastruktur dengan aktornya BUMN, pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat," ujar SBY.

Dia meyakini jika negara-negara lain mengambil langkah-langkah tersebut  maka akan mengalami kemajuan pesat yang terbukti dialami Indonesia. "Semua resep itu terbukti mampu menjadikan Indonesia tujuan investasi dunia dan mencapai peringkat investment grade," pungkas SBY.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions