Sabtu, 17 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Aktivitas konstruksi perumahan AS Juli naik moderat

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Aktivitas konstruksi perumahan AS Juli naik moderat
Aug 17th 2013, 07:39

Aktivitas konstruksi perumahan AS Juli naik moderat

Sabtu,  17 Agustus 2013  −  14:39 WIB

Aktivitas konstruksi perumahan AS Juli naik moderat

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) melaporkan aktivitas konstruksi perumahan disesuaikan secara musiman naik moderat 5,9 persen, menjadi sebanyak 896.000 unit. Namun, kenaikan tersebut berada di bawah ekspektasi ekonom sebanyak 900.000 unit.

Izin untuk membangun rumah meningkat 2,7 persen pada Juli, ke kecepatan 943.000 unit. Sementara para ekonom memperkirakan ke kecepatan 945.000 unit.

"Ini tidak mengherankan mengingat naiknya suku bunga KPR. Saya pikir kita melihat sebuah situasi, di mana udara yang keluar dari pemulihan perumahan yang diberikan suku bunga KPR lebih tinggi," kata Michael Hanson, ekonom senior Bank of America Merrill Lynch di New York, seperti dilansir dari Daily Star, Sabtu (17/8/2013).

"Pada titik ini, keterjangkauan belum banyak berubah secara historis. Keterjangkauan perumahan tetap tinggi, namun fundamental kurang menguntungkan bagi pembeli baru daripada beberapa bulan lalu," tambahnya.

Suku bunga jangka panjang telah meningkat lebih dari satu persen selama tiga bulan terakhir, pada pandangan bahwa Fed akan segera memulai pemangkasan pembelian obligasi sebesar USD85 miliar per bulan, yang telah menjaga biaya pinjaman rendah dan merangsang ekonomi.

Namun, pada gilirannya mendorong kenaikan suku bunga KPR, yang mengancam beberapa kekuatan dari pemulihan perumahan yang telah mendukung harga lebih tinggi untuk lebih dari satu tahun

Para ekonom memperkirakan bank sentral AS akan mengumumkan rencana peruncingan stimulus pada pertemuan kebijakan bulan depan.

Data produksi industri, konstruksi perumahan dan pekerjaan pekan ini, telah melewatkan prakiraan pasar, yang dapat meredam ekspektasi kenaikan signifikan dalam pertumbuhan pada semester kedua tahun ini.

Ekonomi tumbuh pada tingkat hanya 1,4 persen pada semester pertama 2013, ditahan oleh kebijakan fiskal yang ketat.

Selain suku bunga KPR yang tinggi, angka konstruksi perumahan bulan lalu juga bisa menjadi cerminan kendala pasokan. Pembangun telah mengeluhkan kekurangan tenaga kerja dan bahan.

Namun, pembangunan rumah tetap memiliki landasan yang kuat dan kembali harus memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Meskipun konstruksi perumahan hanya menyumbang sekitar 3,1 persen dari produk domestik bruto (PDB), perumahan memiliki jangkauan yang lebih luas dalam perekonomian. Analis memperkirakan, bahwa untuk setiap rumah keluarga tunggal yang dibangun, setidaknya tiga pekerjaan selama setahun tercipta.

Para ekonom berharap, rata-rata perumahan bulanan untuk seluruh 2013 di atas 1 juta.

Bulan lalu, terobosan untuk rumah keluarga tunggal, segmen terbesar dari pasar, turun 2,2 persen menjadi 591.000 unit, level terendah sejak November tahun lalu.

Pembangunan rumah multifamily melonjak 26 persen ke tingkat 305.000 unit, membalikkan penurunan dari bulan sebelumnya. Izin untuk rumah multifamily naik 12,6 persen ke tingkat 330.000 unit. Sementara izin untuk rumah keluarga tunggal turun 1,9 persen menjadi 613.000 unit.

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions