Rabu, 21 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Wisata Ranu Grati ditawarkan ke investor

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
The Next Generation in Online Meetings

GoTo Webinar is a new, affordable, do-it-yourself Web event service that doesn't require a consultant. Get $10 off after your complimentary trial.
From our sponsors
Wisata Ranu Grati ditawarkan ke investor
Aug 21st 2013, 06:32

Wisata Ranu Grati ditawarkan ke investor

Arie Yoenianto

Rabu,  21 Agustus 2013  −  13:32 WIB

Wisata Ranu Grati ditawarkan ke investor

Wisata Ranu Grati di Pasuruan/Foto: Arie Yoenianto

Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Pasuruan berobesesi mengembangkan potensi wisata Ranu (danau) Grati yang masih alami. Ranu Grati yang berlokasi tidak jauh dari jalur Pantura, Surabaya-Probolinggo ini akan ditawarkan pengelolaannya kepada pihak ketiga atau investor.

Beberapa tahun lalu, sudah ada investor yang berminat untuk mengelola wisata Ranu Grati. Namun karena masih terdapat kendala, penawaran tersebut gagal direalisasikan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Sunyono mengungkapkan, saat ini Pemkab Pasuruan cukup siap menggandeng pihak lain yang ingin mengembangkan potensi wisata daerah. Tentu saja penawaran kerja sama yang akan terjalin akan harus menguntungkan kedua belah pihak dan masyarakat sekitar.

"Kami membuka kesempatan kepada pihak ketiga atau investor untuk bekerja sama mengelola kawasan wisata di Kabupaten Pasuruan. Kehadiran pihak ketiga dalam mengelola kawasan wisata ini akan menambah daya tarik dan manfaat bagi masyarakat sekitar," kata Sunyono.

Menurutnya, penawaran dari pihak ketiga yang masuk di Pemkab Pasuruan akan dilakukan kajian terlebih dahulu. Pemkab akan melihat dari berbagai segi yang tujuannya adalah untuk menambah sumber pendapatan asli daerah dan tidak mengorbankan kepentingan masyarakat sekitar kawasan wisata.

Selama ini, wisata Ranu Grati dikelola Pemkab dengan melibatkan masyarakat sekitar yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Angsa Putih.

Ketua Pokdarwis Angsa Putih, Rachmad mendukung terhadap tawaran pengelolaan Ranu Grati oleh pihak ketiga. Karena dalam beberapa kali kesempatan, pihaknya juga melakukan hal sama dalam rangka mengembangkan potensi wisata Ranu Grati.

"Kami sudah beberapa kali memfasilitasi pihak ketiga untuk menawarkan pengelolaan wisata Ranu Grati. Tapi karena ketidaksiapan Pemkab, usulan kerja sama tersebut gagal direalisasikan," kata Rachmad.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kesempatan meninjau Ranu Grati, juga memberikan lampu hijau untuk pengelolaan kawasan wisata yang disupport pihak ketiga.

Staff Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Pemberdayaan, Bakrie, kawasan wisata Ranu Grati seluas 1.085 hektare ini apabila dikelola dan dipoles dengan baik akan memberikan dampak besar untuk kemajuan sektor wisata dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pasuruan.

"Wisata Ranu Grati memiliki nilai ekonomi dan potensi yang sangat tinggi. Potensi ini harus dikembangkan dengan melibatkan pihak ketiga. Terobosan ini harus ditujukan untuk menambah sumber pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Bakrie.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions