Selasa, 20 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Dianggap tak berwewenang, Kemendag tolak tuduhan KPPU

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
The Next Generation in Online Meetings

GoTo Webinar is a new, affordable, do-it-yourself Web event service that doesn't require a consultant. Get $10 off after your complimentary trial.
From our sponsors
Dianggap tak berwewenang, Kemendag tolak tuduhan KPPU
Aug 20th 2013, 03:44

Dianggap tak berwewenang, Kemendag tolak tuduhan KPPU

Giri Prakosa

Selasa,  20 Agustus 2013  −  10:44 WIB

Dianggap tak berwewenang, Kemendag tolak tuduhan KPPU

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Bachrul Chairi menolak tuduhan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) soal dugaan pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Menanggapi laporan itu, Gita dan Bachrul menunjuk Kepala Biro Hukum Kemendag Lasminingsih dan Direktur Impor Didi Sumedi, sebagai kuasa hukumnya, untuk menyampaikan tanggapan secara lisan dan tulisan dalam sidang yang digelar di kantor KPPU, Senin (19/8/2013).

Dalam sidang tersebut, Lasminingsih menyampaikan tanggapan atas tuduhan KPPU terkait keterlibatan Mendag dan Dirjen Daglu dalam pembentukan kartel akibat importasi bawang putih.

Menurut Lasminingsih, berdasarkan kedudukan hukum (legal standing), baik Kementerian Perdagangan maupun Menteri Perdagangan ataupun Dirjen Daglu bukan merupakan subjek hukum dari UU Nomor 5/1999 tersebut.

"Dalam hal ini, KPPU tidak memiliki kewenangan dalam menetapkan pemerintah, yaitu Mendag dan Dirjen Daglu, sebagai terlapor karena subjek hukum menurut UU Nomor 5/1999 hanyalah pelaku usaha, bukan pemerintah," tegas Lasminingsih dikutip dari laman Kemendag, Selasa (20/8/2013).

Selain itu, berdasarkan proses bisnis, Lasminingsih menjelaskan bahwa dalam hal penerbitan perizinan produk hortikultura, sebagai diamanatkan Pasal 88 ayat 2 UU Nomor 13/2010, Peraturan Menteri Pertanian Nomor 47/2013 dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 16/2013, Kemendag hanyalah salah satu bagian dari keseluruhan proses perizinan terkait importasi bawang putih.

"Ini artinya, Kemendag tidak memberikan izin secara sepihak, melainkan tetap mengacu kepada rekomendasi Kementerian teknis," jelasnya lebih lanjut.

Laporan dugaan pelanggaran yang ditujukan kepada Mendag dan Dirjen Daglu ini disampaikan oleh investigator KPPU pada Sidang Majelis Komisi pada 24 Juli 2013.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions