Selasa, 20 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Laba bersih BHP Billiton merosot 29,5%

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Madesmith

Modern handmade. New designers every week.
From our sponsors
Laba bersih BHP Billiton merosot 29,5%
Aug 20th 2013, 09:03

Laba bersih BHP Billiton merosot 29,5%

Selasa,  20 Agustus 2013  −  16:03 WIB

Laba bersih BHP Billiton merosot 29,5%

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Raksasa Pertambangan Inggris-Australia, BHP Billiton mencatat penurunan laba bersih sebesar 29,5 persen menjadi USD10,88 miliar pada semester pertama 2013, karena perlambatan pertumbuhan global dan volatilitas harga komoditas.

Penambang terbesar di dunia itu mengatakan, harga lebih rendah pada sumber daya kunci, termasuk biji besi yang menyelam 17 persen, menyeka USD8,9 miliar dari pendapatan USD28,4 miliar.

"BHP Billiton memberikan hasil keuangan yang kuat pada tahun keuangan 2013, periode yang ditandai melambatnya pertumbuhan global dan pasar komoditas yang sangat fluktuatif," kata perusahaan itu dalam pernyataannya di bursa efek Australia, seperti dilansir dari AFP, Selasa (20/8/2013).

"Kondisi ekonomi di paruh kedua tahun keuangan 2013 dipengaruhi pertumbuhan yang lebih rendah dari perkiraan di negara berkembang," tambahnya.

BHP menyebutkan telah berhasil memotong biaya tahunan sebesar USD2,7 miliar yang berakhir pada 30 Juni, tapi diimbangi penurunan signifikan harga komoditas.

Hasil jatuh pendek dari ekspektasi pasar dengan keuntungan sebesar USD12,9 miliar.  "BHP terlihat di-line, tapi underwhelming dibandingkan konsensus angka headline," ujar Chris Weston, analis dari IG Markets.

Kelebihan pasokan di pasar nikel dan aluminium dan kekhawatiran dari rebalancing jangka pendek di sektor tembaga telah menekan harga logam, mengurangi pendapatan sekitar USD1,0 miliar.

BHP memperkirakan peningkatan pasokan di pasar komoditas terus menekan harga dalam jangka pendek, tetapi keseimbangan harus benar berdiri sendiri "dalam waktu".

Sementara produksi minyak BHP tumbuh enam persen menjadi 236 juta barel dan diperkirakan akan meningkat menjadi 250 juta barel pada 2014. BHP mengumumkan pembagian dividen akhir 116 sen AS, meningkat empat persen year-on-year (yoy).

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions