Jumat, 07 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Kalbar dianggap cerminan Indonesia hadapi AEC

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Kalbar dianggap cerminan Indonesia hadapi AEC
Jun 7th 2013, 08:44

Kalbar dianggap cerminan Indonesia hadapi AEC

Ameidyo Daud

Jum'at,  7 Juni 2013  −  15:44 WIB

Kalbar dianggap cerminan Indonesia hadapi AEC

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Raja Sapta Oktohari mengatakan, dipilihnya Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) sebagai lokasi digelarnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XV bukan tanpa alasan.

"Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat merupakan cerminan kita menghadapai ASEAN Economic Community (AEC) karena satu-satunya Provinsi yang berbatasan dengan dua negara (Malaysia dan Brunei), cuma Kalimantan Barat," katanya di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Selain itu, kata dia, Kalimantan Barat juga berhadapan dengan Singapura. Tetapi di satu sisi Provinsi yang satu ini juga masih mati lampu setiap 3 atau 4 jam sekali.

Menurutnya, meskipun kurang digarap maksimal, Okto sapaan akrab Raja Sapta Oktohari menyebut implementasi dari program MP3EI juga paling tepat dilaksanakan di provinsi ini. Karena Kalimantan Barat cukup potensial dengan membangun pelabuhan (hub) besar.

"Konsep MP3EI ini paling pas di Kalbar, tapi fungsi kurang maksimal. Dia bisa jadi port utama di Indonesia Barat. Disambungkan dari Bitung, Palu ke Balikpapan. Tinggal ujungnya dikemanain, Kalimantan Barat ini culup potensial," jelasnya.

Dia juga mengharapkan pemerintah segera membangun daerah-daerah perbatasan, sehingga daerah tersebut menjadi benteng yang baik dalam menghadapi AEC.

"Bagamana kita hadapi AEC, satu hal yaitu pembangunan perbatasan yang harus ditingkatkan sehingga percepatan akan jadi benteng yang baik menjelang AEC yang berlaku 2015," pungkas Okto.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions