Minggu, 09 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Harga sembako belum terpengaruh rencana kenaikan BBM

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Harga sembako belum terpengaruh rencana kenaikan BBM
Jun 9th 2013, 08:13

Harga sembako belum terpengaruh rencana kenaikan BBM

Rudi Gunawan

Minggu,  9 Juni 2013  −  15:13 WIB

Harga sembako belum terpengaruh rencana kenaikan BBM

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dalam waktu dekat ini, belum berdampak signifikan terhadap kenaikan sejumlah bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, sejumlah pedagang mengaku, jika harga BBM naik, maka akan dipastikan kebutuhan pokok pun juga naik.

Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok ini mulai terlihat dari naiknya harga cabe besar dan cabe keriting yang semula hanya berkisar Rp25 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp35 ribu per kilogramnya.

Sedangkan untuk bawang putih kini juga mengalami kenaikan dari harga Rp12 ribu naik menjadi Rp15 ribu per kilogram. Sementara harga daging sapi juga mengalami kenaikan, dari Rp70 ribu per kilogram naik menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Kendati demikian, dari pantauan di pasar tradisional Pa'baeng-baeng Makassar, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok tersebut belum  naik secara signifikan. Bahkan, bahan kebutuhan pokok lainnya belum mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang di pasar Pa'baeng-baeng Makassar, Hajja Nining mengaku, sejauh ini rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, belum berdampak terhadap naiknya harga kebutuhan pokok.

"Umumnya kenaikan cabe besar dan keriting serta bawang putih masih diakibatkan karena kurangnya stok," ujarnya, Minggu (9/6/2013).

Tapi menurutnya, dipastikan jika pemerintah tetap menaikkan harga BBM maka secara otomatis kebutuhan pokok pun akan merangkak naik. Apalagi saat ini menjelang bulan suci Ramadan dan Lebaran.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions