Sabtu, 08 Juni 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: GMF siapkan fasilitas perawatan pesawat di Batam

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
GMF siapkan fasilitas perawatan pesawat di Batam
Jun 8th 2013, 07:23

GMF siapkan fasilitas perawatan pesawat di Batam

Heru Febrianto

Sabtu,  8 Juni 2013  −  14:23 WIB

GMF siapkan fasilitas perawatan pesawat di Batam

ilustrasi/ist

Sindonews.com - PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia siap mengembangkan fasilitas perawatan pesawat terbang dan pendukungnya untuk aktifitas maintenance, repair, overhaul (MRO) di Batam, Kepulauan Riau.

Fasilitas perawatan pesawat ini rencananya dibangun di atas lahan milik Badan Pengusahaan (BP) Batam di kawasan Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam.

Kerja sama pembangunan hangar dan fasilitas pendukung ini ditandatangani Direktur Utama PT GMF AeroAsia, Richard Budihadianto dan Kepala BP Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Mustofa Widjaja di Kantor BP Batam.
 
GMF memilih Batam sebagai salah satu lokasi pengembangan kapasitas perawatan pesawat terbang karena banyak faktor yang sangat mendukung. Sebagai kawasan Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE), pertumbuhan industri nasional maupun internasional di Batam sangat signifikan.

Pertumbuhan ini berdampak pada perkembangan industri penerbangan dengan semakin banyaknya airlines nasional maupun internasional yang memiliki rute penerbangan ke daerah ini.

"Secara geografis, Batam sangat strategis karena menjadi salah satu pintu gerbang masuk Indonesia," kata Richard dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu (8/6/2013).
 
GMF tertarik mengembangkan kapasitas di Batam karena kebutuhan lahan dapat dipenuhi BP Batam dengan masa sewa 30 tahun. Secara bisnis cukup layak bagi GMF berinvestasi di Batam. Selain itu, Batam juga berdekatan dengan Singapura yang menjadi kantor perwakilan banyak supplier dan vendor industri pendukung perawatan pesawat.

"Selain menguntungkan GMF, pembangunan fasilitas perawatan pesawat mampu memberikan manfaat yang cukup besar bagi perekonomian Batam," tambahnya.

Kehadiran perusahaan MRO seperti GMF di Batam bisa menarik semakin banyak pesawat mendarat di Batam, terutama untuk menjalani perawatan. Pengembangan fasilitas perawatan pesawat terbang di Batam juga akan lebih mendekatkan GMF kepada customer-nya sehingga lebih hemat biaya.
 
Dalam lima tahun terakhir, frekuensi penerbangan dari dan ke Batam terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi daerah industri ini. Garuda Indonesia misalnya, terus menambah rute penerbangan menuju Batam dari berbagai kota. Pada pertengahan April 2013, Garuda  membuka tiga rute baru sekaligus di wilayah Sumatera.

Salah satunya adalah Medan-Batam (PP) untuk mendukung industri pariwisata Kepulauan Riau yang mengangkat tema Wonderful Kepri pada tahun 2013 ini. Begitu juga maskapai lain yang menambah rute tujuan Batam.
 
"Pengembangan fasilitas perawatan pesawat terbang di Batam untuk menjawab kebutuhan industri penerbangan terhadap perawatan pesawat yang handal dan harga yang kompetitif serta lokasi yang tidak terlalu jauh dari daerah operasi," pungkas dia.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions