Rabu, 05 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Tanpa Anis Matta, Setgab Sepakati Penaikan Harga BBM

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Tanpa Anis Matta, Setgab Sepakati Penaikan Harga BBM
Jun 5th 2013, 02:53

Metrotvnews.com, Jakarta: Penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada APBN Perubahan 2013 mendapatkan dukungan penuh dari partai politik pendukung koalisi yang terhabung dalam Sekretariat Gabungan. Penaikan dinilai sebagai langkah terakhir penyehatan APBN. Karena diperkirakan defisit fiskal bisa meledak lebih 3 persen. Ini melanggar ketentuan UU 17/2003 tentang Keuangan Negara.

Kenaikan ini juga untuk merasionalkan harga BBM yang dinilai terlalu murah. Namun, untuk meredam dampak kenaikan harga BBM perlu disepakati bantalan berupa kompensasi. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmizy melalui pernyataan tertulis kepada Metrotvnews.com, Rabu (5/6).

Politikus yang biasa dipanggil Rommy itu menjelaskan, rapat Setgab yang dipimpin Wakil Presiden Boediono menyepakati empat program kompensasi penaikan harga BBM yang diajukan pemerintah. Meliputi program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan Raskin.

Khusus untuk BLSM, lama penyaluran antara 4-5 bulan. Sedangkan besaran program lain diserahkan kepada pembahasan yang berkembang di rapat-rapat komisi, Badan Anggaran DPR dan pemerintah. Adapun program infrastruktur dasar yang semula dirancang khusus untuk infrastruktur desa diserahkan kepada fraksi-fraksi untuk menyampaikan pandangan, menyesuaikan kebutuhan sektor pembangunan yang produktif dan prioritas.

Rapat dihadiri oleh seluruh ketua umum parpol koalisi, yaitu Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, Ketua Umum PPP Suryadharma Ali, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. Hanya Ketua Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta yang absen. Seluruh ketua fraksi parpol koalisi juga datang.


Editor: Khudori

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions