Senin, 10 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Subsidi BBM hanya untuk Orang Miskin

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Subsidi BBM hanya untuk Orang Miskin
Jun 10th 2013, 01:34

Metrotvnews.com, Jakarta: Paradigma subsidi yang seharusnya dinikmati mereka yang miskin dan tidak mampu secara ekonomi di Indonesia sudah melenceng.

Pasalnya, subsidi BBM yang berlangsung selama ini tidak sesuai ketentuan UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi Pasal 7 ayat 2 yang menegaskan bahwa subsidi disediakan untuk kelompok masyarakat tidak mampu.

Kenyataannya, subsidi BBM di Indonesia dinikmati lebih 70%  kelas menengah pemilik mobil pribadi dan sepeda motor bersilinder tinggi. "Pengurangan subsidi BBM yang disertai kompensasi kepada masyarakat golongan ekonomi terlemah dimaksudkan untuk membenahi subsidi yang salah sasaran itu," tegas M Romahurmuziy, Ketua Komisi IV DPR di Jakarta, Minggu (9/6).

Saat ini seperlima APBN Indonesia tersedot untuk subsidi energi yang bersifat konsumtif. Alhasil, ruang gerak belanja negara untuk sektor produktif menjadi terbatas.

Ujungnya, daya saing yang tercipta di pasar internasional menjadi semua lantaran didominasi berbagai produk mentah yang mengandalkan biaya buruh dan harga energi yang murah. "Padahal murahnya harga energi karena disubsidi," tandasnya.

Senada, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga setuju harga BBM bersubsidi dinaikkan. Dengan begitu, dana subsidi BBM akan bisa dialihkan ke sektor-sektor yang lebih produktif sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Dana subsidi bisa dialihkan ke infrastruktur. Kita sama-sama tahu, pelabuhan sudah macet, jalan sudah macet," kata Ketua Apindo Sofyan Wanandi.

Dengan adanya perbaikan infrastruktur dari pengalihan subsidi BBM, Sofyan yakin akan turut meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia.


Editor: Wisnu AS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions