Jumat, 07 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Sail Komodo Butuh Dukungan Pemda dan Swasta

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Sail Komodo Butuh Dukungan Pemda dan Swasta
Jun 6th 2013, 17:00

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan pemerintah daerah dan sektor swasta memobilisasi semua sumber daya yang ada untuk menyukseskan perhelatan Sail Komodo tahun 2013 ini.

"Pemerintah daerah berperan dalam memobilisasi semua sumber daya daerah, baik itu dari APBD maupun keterlibatan sektor swasta," kata Sharif Cicip Sutardjo, Kamis (6/6).

Sharif berharap kegiatan Sail Komodo 2013 dapat menjadi stimulan untuk memberdayakan masyarakat dalam pembangunan di daerahnya. Untuk itu, ujar dia, diperlukan koordinasi antara semua kementerian dan lembaga serta pihak yang terkait aktivitas tersebut.

Beragam kementerian yang terlibat adalah Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Luar Negeri, Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Sosial, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Adapun beberapa sentra pembangunan yang telah disiapkan beberapa kementerian, antara lain, Gerbang Terpadu, MCK oleh Kemenpera, Bangsal Belaja (Kemensos) pelatihan ekonomi kreatif (Kemenparekraf), bedah kampung nelayan (Kemensos), bedah rumah (Kemenpera), perbaikan jalan (Kementerian PU), dan Program Kesejahteraan Nelayan/PKN (KKP).  "Beberapa di antaranya akan dikunjungi dan diresmikan oleh Presiden," ujarnya.

Ia juga mengatakan terdapat pula perkenalan program Rumah Pintar yang dibangun di Kampung Ujung, NTT, dan akan diresmikan oleh Ani Yudhoyono. Menteri Kelautan dan Perikanan mengemukakan bahwa Sail Komodo juga sangat efektif untuk mempromosikan wilayah NTT dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional.

Apalagi, lanjutnya, Taman Nasional Komodo merupakan salah satu Situs Warisan Dunia sehingga Pemerintah sudah semestinya melestarikan, mengembangkan, serta mempromosikan Taman Nasional Komodo.

"Kegiatan Sail Komodo 2013 merupakan salah satu upaya mempromosikan Taman Nasional Komodo sebagai kawasan konservasi perairan dalam rangka mengembangkan ekonomi kelautan," katanya.

Sharif menjelaskan bahwa puncak acara Sail Komodo 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2013 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (Antara)


Editor: Agus Tri Wibowo

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions