Sabtu, 15 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: PDIP: BBM Naik, 4 Juta Warga Jadi Miskin

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
PDIP: BBM Naik, 4 Juta Warga Jadi Miskin
Jun 15th 2013, 10:14

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) akan menciptakan empat juta orang miskin baru di Indonesia. Demikian dikatakan anggota DPR Fraksi PDIP Dolfi Othniel Fredric Palit dalam wawancara bersama Metro TV di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (14/6) malam.

Ia menilai keuangan pemerintah masih mampu untuk tidak menaikkan harga BBM. Meski harga BBM naik, katanya, ekonomi Indonesia tetap mengalami inflasi. Pada 2012 saja, ujarnya, inflasi mencapai 6 persen dan menciptakan 1,5 juta orang miskin baru.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur untuk investasi yang dilakukan pemerintah pada 2012 hanya 80 persen. Jika infrastruktur 'macet', laju investasi melambat. Akibatnya penerimaan modal negara berkurang karena transaksi perdagangan  menurun.

Kemampuan pemerintah melakukan distribusi anggaran belanja modal tidak terserap 20 persen. Dari Rp168 triliun belanja modal, masih ada Rp32 triliun yang harusnya menjadi modal membangun infratrukur di seluruh Indonesia. Namun, target itu tak tercapai.

PDIP pun menilai kebijakan pemerintah untuk mencari modal dari kenaikkan harga BBM sangat tidak adil untuk rakyat. Lantaran itu, dalam sidang paripurna DPR RI pada 17 Juni 2013, Dolfi menegaskan PDIP akan tetap menolak kebijakan tersebut.(Tantyo Satria Wibowo)


Editor: Laela Badriyah

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions