Rabu, 05 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Neraca Perdagangan RI Defisit US$1,6 Miliar

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Neraca Perdagangan RI Defisit US$1,6 Miliar
Jun 4th 2013, 17:48

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan mencatat neraca perdagangan Indonesia pada April 2013 defisit sebesar US$1,6 miliar. Untuk mencegah terus terjadinya defisit, pemerintah diminta segera menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsdi.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Jakarta, Selasa (4/6), mengatakan defisit itu dipicu oleh perdagangan migas sebesar US$1,2 miliar dan nonmigas sebesar US$407,4 juta. Dengan demikian, defisit neraca perdagangan Indonesia selama Januari-April 2013 mencapat US$1,85 miliar.

Terjadinya defisit perdagagan nasional selama Januari-April 2013 itu, lanjut Gita, disebabkan defisit perdagangan migas yang mencapai US$4,6 miliar serta ditekan oleh menurunnya surplus perdagangan nonmigas dari US$3,1 miliar menjadi US$2,7 miliar.

Oleh sebab itu, Gita pun berharap pemerintah segera memutuskan kebijakan untuk menaikan harga BBM subsidi dengan aturan-aturan lain yang tetap tidak mengorbankan rakyat miskin.

"Memang sekali lagi saya katakan, kebijakan untuk menaikan harga BBM subsidi harus segera diputuskan guna menghindari terus terjadinya defisit perdagagan migas," ujar Gita.

Ia pun menambahkan, konsumsi migas di Indonesia semakin lama semakin besar dan tentunya hal itu akan terus menambah defisit neraca keuangan Indonesia. Juga diprediksi konsumsi BBM akan terus meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Konsumsi migas semakin lama semakin besar dan tentunya juga harus terus impor sektor migas menjadi lebih banyak. Jadi, pemerintah harus lebih berani mengambil sikap untuk menaikan harga BBM. Supaya ketergantungan migas tidak terus menerus seperti ini," pungkasnya. (Fario Untung)


Editor: Henri Salomo Siagian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions