Selasa, 11 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Kerbau Rawa Alternatif Penyediaan Kebutuhan Daging

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Kerbau Rawa Alternatif Penyediaan Kebutuhan Daging
Jun 11th 2013, 12:41

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Kerbau rawa (bubalus bubalis) dinilai dapat menjadi alternatif penyediaan kebutuhan daging di Indonesia guna mengatasi kelangkaan dan melonjaknya harga daging sapi di pasaran.

Hal itu dikemukakan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Dadi Ariyadi di sela-sela Seminar Peluang Investasi Kerbau Rawa di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kerbau rawa yang merupakan plasma nuftah di Kalsel dapat menjadi alternatif penyediaan kebutuhan daging yang saat ini menjadi polemik dihadapi pemerintah," ujarnya, Selasa (11/6).

Menurutnya, pengembangan ternak kerbau rawa memberikan peluang investasi yang menguntungkan bagi masyarakat. Potensi pasar kerbau rawa juga sangat besar dengan hasil menggiurkan, karena proses perlakuan atau pemeliharaan kerbau rawa lebih mudah jika dibandingkan beternak sapi.

Populasi kerbau rawa di Kalsel diperkirakan sekitar 25.000 ekor yang tersebar di sejumlah daerah rawa. Yang terbanyak berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan populasi pada 2012 sebanyak 8.404 ekor. BI wilayah Kalimantan berupaya mengembangkan ternak kerbau rawa di Hulu Sungai Utara dan menargetkan penambahan populasi kerbau rawa menjadi 11.000 ekor pada 2016.

Menurut Dadi, BI akan bekerja sama dengan dinas peternakan setempat untuk mendorong masuknya investasi ternak kerbau rawa di Kalsel. Termasuk pemberian permodalan bagi peternak melalui perbankan yang selama ini belum ada.(Denny S Ainan)


Editor: Patna Budi Utami

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions