Sabtu, 15 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Kadin: Kawasan Indonesia Timur Butuh Tax Holiday

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Kadin: Kawasan Indonesia Timur Butuh Tax Holiday
Jun 14th 2013, 23:04

Metrotvnews.com, Jakarta: Guna mengakselerasi pembangunan di wilayah Indonesia bagian Timur, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan pemberian tax holiday kepada pengusaha lokal maupun asing yang berencana berinvestasi.

"Kalau belum bisa menyediakan infrastruktur kasih tax holiday untuk mendorong iklim investasi," ujar Wakil Ketua Umum Bidang Koordinator Wilayah Timur Kadin Indonesia Salahuddin Sampetoding usai acara persiapan Rakornas Kepengurusan Wilayah Indonesia Timur di Jakarta, Jumat (14/6).

Pasalnya, ia mengatakan, peran pemerintah dalam hal infrastruktur masih jauh dari kata optimal. Ini menjadi dasar mengapa wilayah Indonesia bagian Timur harus mendapat perlakuan "istimewa." Untuk itu pengusaha perlu berperan aktif namun di sisi lain harus mendapat dukungan dari pemrintah berupa insentif.

"Saya lihat pemerintah main angka dan grafik tapi realisasinya begitu-begitu saja. Dari 20 tahun lalu, masih itu-itu saja. Ada pergerakan tapi lamban untuk itu kita harus berperan aktif," katanya.

Salahuddin melanjutkan, dengan belum optimalnya ketersediaan infrastruktur maka pengusaha harus mengeluarkan modal yang lebih besar semisal untuk pengadaan mesin. Melalui skema pembebasan pajak dalam jangka waktu tertentu maka pengusaha bisa sedikit bernapas. Ditambah, pengusaha bisa mengalihkan dana untuk membangun sarana penunjang seperti jalan menuju pabrik. Baru setelah mendapat keuntungan membayar pajak yang sempat tertunda.

"Sehingga setelah pabrik berjalan kita bayar karena kita sudah punya untung," tuturnya.

Salahuddin mengungkapkan, kalau pembangunan Indonesia bagian Timur ingin setara dengan wilayah di Indonesia bagian Barat memang harus ada usaha ekstra. Usulan ini sudah diwacanakan oleh sembilan kelompok kerja kepengurusan wilayah Indonesia Timur. Sesegera mungkin akan dibuat sebuah keputusan bersama untuk disampaikan kepada pemerintah.  (Anshar Dwi Wibowo)


Editor: Irvan Sihombing

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions