Senin, 10 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Jasa Marga Siap Takeover Jalan Tol Mangkrak

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Jasa Marga Siap Takeover Jalan Tol Mangkrak
Jun 10th 2013, 07:38

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyaknya proyek-proyek jalan tol yang mangkrak di Indonesia sangat disayangkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. BUMN konstruksi ini pun menyatakan siap untuk mengambil alih.

"Jalan-jalan tol yang mangkrak, serahkan saja pada kami," ucap Ibnu Purwna Muchtar, salah satu Komisaris PT Jasa Marga (persero) Tbk, saat meninjau proyek pembangunan Jembatan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa di Kabupaten Badung, Bali, Senin (10/6).

Ibnu mengatakan, banyak jalan tol yang mangkrak terkendala masalah dana. Namun, sebenarnya itu bukan masalah besar.

"Dana kurang 2% saja bisa gak jalan proyek. Padahal, kalau soal pendanaan, perbankan dalam negeri banyak yang siap membantu supaya dana mereka (perbankan) tidak banyak yang mengendap," tukasnya.

Ibnu yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Kabinet RI itu juga memiliki keprihatinan mendalam atas proyek-proyek yang kerap dibiayai dengan berutang melalui pinjaman luar negeri.

"Pengalaman di Suramadu pakai dana luar negeri, sempat macet pembangunannya 2 bulan," ungkap Ibnu. Ia pun mengimbau para pelaku usaha di sektor konstruksi untuk mengoptimalkan dana sendiri. Bukan dari hasil utang atau mengandalkan uluran tangan dari APBN. Seperti yang dilakukan oleh PT Jasa Marga (persero) Tbk dalam membangun Jembatan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa sepanjang 12,7 kilometer di Bali.

Proyek senilai Rp2,4 triliun yang rampung dalam waktu 14 bulan itu dibangun dari dana internal perusahaan dan sumber pembiayaan dalam negeri. "Sebesar 30 % dari Jasa Marga dan 70% perbankan," pungkasnya.

Data dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menunjukkan, jalan tol yang mangkrak itu antara lain Bekasi-Cawang-Kp melayu, Ungaran-Bawen (Jawa Tengah), Gempol-Pasuruan (Jawa Timur), JORR II Cengkareng-Kunciran dan Kunciran Serpong. Kebanyakan terkendala soal lahan. ( Zubaidah Hanum)


Editor: Asnawi Khaddaf

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions