Senin, 10 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Hipmi: Indonesia Berpeluang di Masyarakat Ekonomi ASEAN

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Hipmi: Indonesia Berpeluang di Masyarakat Ekonomi ASEAN
Jun 10th 2013, 04:58

Metrotvnews.com, Pontianak: Indonesia punya peluang positif dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN yang akan dimulai akhir 2015.

Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Raja Sapta Oktohari mengatakan itu. "Indonesia harus diakui masih mendominasi di kawasan ASEAN," katanya saat Rakernas ke-15 Hipmi yang dipusatkan di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (9/6) malam.

Hal itu, katanya, di antaranya berkat dukungan jumlah penduduk, wilayah, dan sumber daya alam yang paling besar di kawasan ASEAN. "Saat ini, dengan komposisi 40 persen dari wilayah ASEAN, sudah sepatutnya Indonesia menjadi pemain utama," ujar dia.

Namun, lanjut dia, itu harus didukung oleh kebijakan yang juga berpihak kepada kalangan pengusaha. Di rakernas tersebut akan dibahas berbagai hal yang nanti menjadi rujukan resmi organisasi karena berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Hasilnya akan diserahkan secara resmi ke pemerintah melalui wakil presiden," kata dia. Kalbar merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Brunei Darussalam. "Serta negara tetangga lain di ASEAN," katanya.

Ia menilai, kalau Indonesia mau berhasil di dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN, gerbangnya harus dibangun. "Kalbar menjadi gerbangnya," kata Raja Sapta Oktohari.

Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya mengaku bangga dengan dipilihnya Pontianak sebagai tuan rumah Rakernas Hipmi. "Kalbar sebagai satu pintu dalam masyarakat ekonomi ASEAN. Kekayaan alamnya sebagai potensi yang dapat digali serta dikembangkan," kata Christiandy Sanjaya.

Di Kalbar, lanjut dia, sudah dibangun berbagai infrastruktur untuk menunjang kesejahteraan serta menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Di antaranya dengan membuka sejumlah pintu resmi di perbatasan seperti Badau (Kabupaten Kapuas Hulu) dan Aruk (Kabupaten Sambas). (Ant)


Editor: Wisnu AS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions