Rabu, 12 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Bulog Pastikan Stok dan Harga Beras Stabil Jelang Ramadan

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Bulog Pastikan Stok dan Harga Beras Stabil Jelang Ramadan
Jun 12th 2013, 01:46

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso menilai harga beras satu bulan menjelang Ramadan relatif stabil. Bahkan, harga besar saat ini lebih rendah Rp50 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Saat ini, stok beras di gudang Bulog sekitar 2,6 juta ton. Pengadaan dalam negeri pun sudah mencapai hampir 2 juta ton.

"Kalau beras relatif aman. Sewaktu-waktu ada gejala naik, untuk operasi pasar stok kita melimpah," kata Sutarto saat dihubungi, Selasa (11/6).

Kini, lanjut Sutarto, yang menjadi perhatian Bulog adalah merealisasikan impor daging untuk stabilisasi harga di Jabodetabek. "Sampai saat ini, kami belum menerima Permendag ataupun Permentannya. Kalau sudah ada ya kami segera realisasikan. Penjajakan dengan Australia sudah tapi kalau belum ada payung hukumnya ya kami tidak bisa kontrak atau memasukkan (daging)," tandas Sutarto.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah melansir Permendag Nomor 22 Tahun 2013 yang merupakan revisi Permendag Nomor 24 Tahun 2011 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan dan Produk Hewan. Dalam Permendag ini, salah satunya mengatur mengenai kewenangan Bulog untuk impor daging sebagai stabilisator daging.

Adapun, Menteri Pertanian Suswono mengatakan, Peraturan Menteri Pertanian yang mengatur mengenai kewenangan Bulog melakukan stabilisasi daging dengan mengimpor daging sudah ditandatangani. "Tapi, masih proses di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) untuk diundangkan. Nomornya saya lupa," ujar Suswono saat dihubungi, Selasa (11/7). (Bunga Pertiwi)


Editor: Afwan Albasit

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions