Selasa, 04 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: Bulog akan Impor Karkas

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
Bulog akan Impor Karkas
Jun 3rd 2013, 20:23

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian mengungkapkan untuk stabilisasi harga daging menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, Bulog bakal mengimpor karkas. Bulog bakal mengajukan rekomendasi pemasukan karkas setelah mendapat penugasan resmi dari Menteri BUMN.

"Mekanismenya, Bulog mendapat penugasan dari menteri BUMN, dan mendapatkan IT (importir terdaftar) dari Kementerian Perdagangan, baru Bulog mengajukan usulan impor jenis karkas ke Kementerian Pertanian untuk mendapatkan surat rekomendasi pemasukan," kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro saat ditemui sebelum Rapat Kerja Menteri Pertanian dengan Komisi IV DPR RI, Senin (3/6), di Gedung DPR RI, Jakarta.

Syukur pun mengakui pemerintah melakukan tambahan impor daging melalui Bulog kendati hanya untuk stabilisasi harga daging yang masih di kisaran Rp 90-95 ribu per kilogram di wilayah Jabodetabek. "Ya untuk stabilisasi harga saja," ujar Syukur.

Meski demikian, Syukur optimistis pasokan daging menjelang bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri dalam kondisi aman dan harga akan turun. Bertambahnya pasokan daging ini lantaran dimajukannya realisasi impor sapi bakalan satu bulan, yakni dari Juli-September menjadi Juni-Agustus, ditambah dengan dengan rencana Bulog mengimpor Karkas.

Syukur mengaku hingga kini masih optimistis di akhir tahun tidak akan kekurangan pasokan daging kendati realisasi impor dimajukan satu bulan. "Sampai sekarang masih optimistis," tukasnya.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Perdagangan terus mengkaji total kebutuhan dan pasokan tahun ini. "Realisasi terakhirnya berapa, kalau memang perlu ada tambahan pasokan tentu nanti kita akan perhitungkan," ujar Suswono pada kesempatan yang sama. (Bunga Pertiwi Adek Putri)


Editor: Irvan Sihombing

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions