Jumat, 14 Juni 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: BI: Cadangan Devisa Indonesia masih Aman

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
BI: Cadangan Devisa Indonesia masih Aman
Jun 13th 2013, 20:54

Metrotvnews.com, Jakarta: Cadangan devisa nasional per akhir Mei 2013 sebesar US$105,1 miliar tergolong aman. Angka ini masih di atas standar kecukupan internasional.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Peter Jacobs menyatakan itu kepada wartawan di gedung BI Jakarta, Kamis (13/6). Menurut dia, cadangan devisa yang aman menurut standar internasional yaitu sedikitnya setara dengan pembayaran kebutuhan tiga bulan impor dan pembayaran cicilan utang luar negeri pemerintah.

Cadangan devisa nasional itu setara dengan kebutuhan 5,8 bulan impor dan cicilan utang luar negeri pemerintah. Sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan cadangan devisa nasional tergerus dari April sebesar US$107 miliar menjadi US$105 miliar pada Mei. Ini disebabkan langkah operasi moneter yang dilakukan bank sentral.

Ekonom Senior Bank Standard Chartered Fauzi Ichsan mengatakan cadangan devisa Indonesia saat ini masih tergolong terbatas jika mengingat BI harus siap melakukan intervensi dalam rangka penguatan nilai tukar rupiah. Fauzi Ichsan mengusulkan agar BI bisa berupaya menarik valuta asing milik perusahaan domestik yang saat ini masih tersimpan di luar negeri yang nilainya mencapai US$7,7 miliar.

"Kalau itu berhasil ditarik akan membuat rupiah semakin menarik di mata investor," kata dia. (Ant)


Editor: Wisnu AS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions