Kamis, 23 Mei 2013

Home » Tempo.co News Site: Pemerintah Akan Awasi Tarif Maskapai untuk Mudik

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Pemerintah Akan Awasi Tarif Maskapai untuk Mudik
May 23rd 2013, 06:29

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan akan mengawasi tarif maskapai pada masa mudik Lebaran mendatang. "Selalu ada pemantauan, termasuk untuk peak season musim mudik Lebaran nanti," kata juru bicara Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, saat dihubungi Tempo, Kamis, 23 Mei 2013.

Pada tahun-tahun sebelumnya, katanya, Kementerian Perhubungan menemukan adanya maskapai yang melanggar ketentuan tarif batas atas. Ia menyebut pelanggaran antara lain terjadi pada rute di Indonesia timur.

Ia menyebut ada beberapa sanksi untuk maskapai yang melanggar. "Pertama-tama, ada peringatan dulu untuk maskapai," ujarnya. Bila maskapai tersebut tetap melakukan pelanggaran, maka Kementerian akan memberi beberapa sanksi lain. Sanksi-sanksi tersebut antara lain, maskapai tidak diperbolehkan melakukan penambahan rute dan pengoperasian pesawat.

Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) menyatakan maskapai hanya akan membuka harga kelas menengah ke atas untuk masa mudik Lebaran. "Mereka tidak akan membuka harga promo, seperti yang ada di luar peak season," kata Ketua Bidang Ticketing Astindo, Pauline Suharno.

Ia menjelaskan, maskapai tidak lagi menawarkan harga promo jika permintaan melonjak. Namun, hingga saat ini, belum terlihat adanya lonjakan reservasi tiket pesawat ke daerah-daerah tujuan mudik seperti Medan, Surabaya, Padang, dan Makassar.

Ia menuturkan, pada tahun-tahun sebelumnya, lonjakan reservasi mulai terjadi sebulan sebelum Hari Raya Idul Fitri. "Jadi, nanti mungkin baru terlihat lonjakannya pada bulan Juli," ucapnya.

Ia menambahkan, membeludaknya reservasi tiket pada tahun-tahun sebelumnya tidak hanya terjadi sebulan sebelum Lebaran, tetapi juga mendekati atau bertepatan dengan hari raya tersebut. Ia mengungkapkan, banyak calon penumpang yang melakukan reservasi mendekati atau malah bertepatan dengan Lebaran karena berharap harga tiket sudah turun. Padahal, ia melanjutkan, maskapai tetap tidak akan menurunkan harga tiket meski sudah mendekati hari-H Lebaran.

MARIA YUNIAR

Topik Terhangat:
Menkeu Baru
| PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

BISNIS Terpopuler
Menteri Chatib Usul BBM Naik Bulan Depan

Sri Mulyani Masuk 100 Wanita Berpengaruh Forbes 

Mantan Bos Indofarma Jadi Dirut PNRI 

Axiata Bidik Kepemilikan Axis  

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions