Kamis, 23 Mei 2013

Home » Tempo.co News Site: KRL Mania: Tarif Progresif Untungkan Konsumen

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
KRL Mania: Tarif Progresif Untungkan Konsumen
May 23rd 2013, 05:18

TEMPO.CO, Jakarta - Koordinator Komunitas pecinta Kereta Rel Listrik Commuter Line atau KRL Mania, Nur Cahyo, menyambut baik pemberlakuan tarif progresif KRL yang akan dimulai 1 Juni mendatang. "Bagus sekali, ini sudah kita dengungkan sejak tahun lalu," kata dia saat dihubungi Tempo, Kamis, 23 Mei 2013.

Menurut Cahyo, permasalahan yang masih muncul adalah tarif terjauh yang mencapai Rp 9.000 dari Bogor sampai stasiun kota dan Rp 8.000 dari Depok sampai stasiun kota. Tapi untuk jarak dekat, dia melihat pemberlakuan tarif progresif ini akan menguntungkan pengguna KRL.

KRL Mania menilai pemerintah harus mematangkan rencana pemberlakuan tarif progresif untuk KRL AC atau commuter line dan penghapusan kereta ekonomi. Nur Cahyo mempertanyakan apakah nantinya pengganti kereta ekonomi merupakan KRL AC yang juga akan menggunakan tarif progresif. "Atau nanti ada kereta ekonomi AC baru sebagai pengganti kereta ekonomi yang tarifnya nanti mendapatkan subsidi," kata dia.

Cahyo mengatakan pemerintah tetap harus memberikan subsidi untuk kelas bawah walau pun nantinya tarif progresif berlaku. "Jadi nanti yang Rp 9.000 kalau dapat subisdi bisa jadi Rp 5.000. Nanti kita lihat dulu apakah tarif progresifnya turun atau tidak, dapat subsidi atau tidak," katanya.

KRL Mania berharap pemerintah memperhatikan kepentingan masyarakat serta kemampuan ekonomi yang dulunya menggunakan kereta ekonomi.

Pada Juni mendatang tarif kereta rel listrik di lintas Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Parung Panjang akan menggunan sistem parsial atau progresif. Dalam sistem ini, harga tiket berbeda sesuai dengan jarak perjalanan. Harga tiket untuk 5 stasiun pertama mencapai Rp 3.000. Biaya perjalanan akan bertambah seribu rupiah tiap tiga stasiun berikutnya. Biaya terjauh tetap diterapkan sebesar Rp 9 ribu yaitu dari Bogor sampai stasiun Kota.

ANANDA TERESIA

Hangat:
Kisruh Kartu Jakarta Sehat
| Menkeu Baru | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah

Perlu baca:
EDSUS Jala Cinta dan Uang Fathanah
Inilah Daftar Aliran Dana Fathanah ke 45 Perempuan
PKS: VW Caravella Milik Luthfi, bukan DPP
Lutfhi Minta Fee Impor Daging Naik 100 Persen

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions