Sabtu, 25 Mei 2013

Home » BISNIS.COM: PILGUB JATENG: Kudus Siapkan Rp9 Juta Untuk TPS Teraktif

,
BISNIS.COM
Bisnis Indonesia Online // via fulltextrssfeed.com
PILGUB JATENG: Kudus Siapkan Rp9 Juta Untuk TPS Teraktif
May 25th 2013, 09:27

130525_tps pilgub.jpgBISNIS.COM, KUDUS -- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Kudus, Jateng  untuk meningkatkan partisipasi pada pemilihan kepala daerah bersama di daerah setempat menggelar lomba tingkat kehadiran pemilih di tiap tempat pemungutan suara.

"Jumlah TPS yang akan mengikuti lomba bertema TPS Unik tersebut mencapai 23 TPS yang tersebar di beberapa kecamatan," kata Anggota KPU Kudus Edy Supratno di Kudus, Sabtu (25/5/2013)

Ia mengatakan, TPS yang mengikuti lomba juga bakal berlomba-lomba menciptakan TPS dengan desain menarik serta tingkat kehadiran pemilih minimal 80%.

Nantinya, kata dia, penilaian lomba tersebut tidak hanya sekadar bisa menghadirkan calon pemilih dalam jumlah yang banyak, melainkan TPS juga harus dirancang agar telihat menarik dan unik.

Dengan keunikan tersebut, dia berharap, bisa menarik minat masyarakat untuk hadir ke TPS pada Minggu (26/5/2013) untuk menggunakan hak pilihnya.

Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang pembinaan total Rp9 Juta masing-masing untuk juara I sebesar Rp4,5 juta, juara II sebesar Rp3 juta, dan juara III sebesar Rp1,5 juta.

Tema lomba TPS Unik tersebut, yakni "Sukseskan Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus 2013 dengan Rame-rame Datang ke TPS".

Penilaian ditentukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu partisipasi pemilih 80 persen, keunikan dan kreativitas desain TPS, sederhana namun menarik serta kesesuaian dengan tema.

Anggota KPU Kudus Divisi Sosialisasi, Hubungan Pertisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi, Eni Misdayani mengakui, partisipasi pemilih pada Pilgub 2008 hanya 31 persen, sedangkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus lebih besar, karena mencapai 56 persen.

Upaya meningkatkan partisipasi pemilih, yakni dengan memaksimalkan sosialisasi Pilkada Kudus maupun Pilkada Jateng lewat berbagai media sosialisasi.

Di antaranya, menggelar sosialisasi di beberapa supermarket dan pasar tradisional di daerah setempat dengan menggandeng pengamen dan pegiat teater Satoes dari STAIN Kudus.

Jumlah TPS sebanyak 1.394 TPS yang tersebar di sembilan kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Jati, Jekulo, Kaliwungu, Mejobo, Bae, Dawe, Gebog, dan Undaan.

Rinciannya yakni untuk Kecamatan Kota sebanyak 166 TPS, Jati sebanyak 171 TPS, Jekulo sebanyak 178 TPS, Kaliwungu sebanyak 169 TPS, Mejobo sebanyak 121 TPS, Bae sebanyak 114 TPS, Dawe sebanyak 182 TPS, Gebog sebanyak 169 TPS, dan Undaan sebanyak 124 TPS. (Antara/dot)

Editor : Endot Brilliantono

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions