Sabtu, 25 Mei 2013

Home » BISNIS.COM: KRISIS SURIAH : Hizbullah Serang Kota Qusair

,
BISNIS.COM
Bisnis Indonesia Online // via fulltextrssfeed.com
KRISIS SURIAH : Hizbullah Serang Kota Qusair
May 25th 2013, 15:17

130525_suriah.jpgBISNIS.COM, AMMAN-- Tentara Suriah yang didukung oleh militan Hizbullah melancarkan serangan di kota Qusair, demi merebut kembali kota utama yang berada di dekat Lebanon itu dari pemberontak Suriah.

Sumber kelompok aktivis oposisi mengatakan serangan tersebut merupakan pertempuran yang paling sengit karena melibatkan angkatan bersanjata Lebanon.

Dia menyampaikan, setidaknya 32 orang tewas ketika para pemberontak bertempur dengan angkatan bersenjata Suriah dan gerilyawan Hizbullah di sembilan titik dan di sekitar kota Qusair, yang berjarak 10 km dari perbatasan Lembah Bekaa Lebanon.

Aktivis Hadi Abdallah yang berpidato dari Qusair mengatakan, pesawat tempur Suriah mengebom Qusair pada pagi hari dan bom fosfor yang menggempur kota dengan kecepatan mencapai 50 menit.

"Tentara menggempur Qusair dengan tank dan artileri dari utara dan timur, sedangkan Hizbullah menembakkan mortir dan roket peluncur ganda dari Selatan dan Barat," katanya seperti dikutip Reuters, Sabtu (25/5/2013).

"Sebagian besar yang tewas adalah penduduk sipil akibat bom fosfor," sambungnya.

Sementara itu, wilayah di dekat Sungai Orontos telah dipisahkan menjadi desa Syiah dan Sunni dalam perang sipil akibat protes keras menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Hal itu sangat penting bagi Assad, yang berasal dari sekte Alawit, sebuah cabang dari Islam Syiah, untuk tetap membuka rute dari benteng Syiah Hizbullah di Bekaa menuju ke daerah yang dekat dengan pantai Mediterania yang dihuni oleh simpatisan sekte Alawit.

Editor : Martin Sihombing

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions