Jumat, 24 Mei 2013

Home » BISNIS.COM: KPK Periksa Anggota Majelis Syuro PKS Soeripto

,
BISNIS.COM
Bisnis Indonesia Online // via fulltextrssfeed.com
KPK Periksa Anggota Majelis Syuro PKS Soeripto
May 24th 2013, 03:58

130520_kpk.jpgBISNIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa anggota majelis syuro Partai Keadilan Sejahtera, Soeripto, terkait kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan tindak pidana pencucian uang.

"Saya dipanggil untuk Fathanah," kata Soeripto singkat saat tiba di gedung KPK Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (24/5/2013).

Dia tidak berkomentar lebih lanjut mengenai hubungannya dengan Ahmad Fathanah yang merupakan orang dekat mantan presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.

Sebelumnya pada Kamis (16/5) KPK sudah memeriksa ketua majelis syuro PKS Hilmi Aminuddin.

Pada pemeriksaan itu, Hilmi mengaku mengenal Fathanah dan pernah bertemu dengan Fathanah saat silaturahmi Hari Raya Idul Adha di rumah Hilmi di Lembang.

"Kalau di Lembang itu foto rombongan Pak Aksa Mahmud sebelum Idul Adha yang menjadi tamu saya, dan saya mengantar berkunjung ke badan inseminasi buatan milik pemerintah, tapi ternyata di rombongan itu ada Fathanah," ungkap Hilmi pada Kamis (16/5).

Hilmi mengaku tidak ada dana yang dibayarkan pengusaha kepada dirinya. "Tidak ada dana yang dibayar pengusaha, tidak ada komitmen Rp17 miliar," tambah Hilmi.

Hilmi Aminuddin dan anaknya Ridwan Hakim diketahui memang memiliki peternakan sapi seluas 4 hektare di daerah Cibodas, Jawa Barat, terdapat sekitar 1.000 ekor sapi.

Ridwan Hakim bahkan disebut dalam sidang di Pengadilan Tipikor bahwa bertemu dengan mantan ketua Asosiasi Perbenihan Indonesia Elda Devianne Adiningrat yang merupakan perantara pengurusan suap dengan Fathanah di Kuala Lumpur untuk memastikan penambahan kuota impor dapat terjadi.

Dalam kasus suap impor sapi, KPK telah menetapkan lima orang tersangka yaitu Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah, dua orang direktur PT Indoguna Utama yang bergerak di bidang impor daging yaitu Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi dan direktur utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions